Sesalkan Penyalur Nakal, Pemda Lotim Bakal Berdayakan BUMDes

Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy, saat menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat. Ke depan penyaluran sembako, terutama berupa BPNT ditangani oleh BUMDes.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Kisruh penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) sangat disesalkan Bupati Lotim, Drs. H. M. Sukiman Azmy.,MM. Kondisi ini menyusul bantuan yang dihajatkan untuk masyarakat kurang mampu ini kerap dipermainkan oleh oknum-oknum tertentu, tak terkecuali dari penyalur. Saat ini juga sudah terdapat Asosiasi UMKM di Kabupaten Lotim.

“Kondisi saat ini oknum suplayer atur-atur sendiri,” ujarnya kesal, Rabu, 18 November 2020.

Untuk itu, orang nomor satu di Bumi Patuh Karya ini akan memberdayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penyalur yang akan menyalurkan BPNT,  terutama di kecamatan atau desa itu sendiri. Dicontohkan bupati, saat ini penyaluran BPNT melalui BUMDes sudah baru diterapkan oleh BUMDes Kembang Kuning Kecamatan Sikur.

“Kita sudah bersurat ke masing-masing desa. Kita panggil untuk memaksimalkan BUMDes dan mencontoh BUMDes, mencontoh Kembang Kuning yang sudah menerapkan,”ujarnya.

Rencana kebijakan ini, kata bupati dikarenakan kecewa, lantaran oknum-oknum penyalur menzalimi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang semakin menjadi-jadi diatur sendiri oleh oknum penyalur. Misalnya di samping penyalur itu melakukan penyaluran di kecamatan Kecamatan Sakra, mereka juga melayani kecamatan lain.

“Kita berharap suplayer itu berasal dari kecamatan itu sendiri. Tidak melayani kecamatan lain. Untuk itu desa yang akan kita berdayakan melalui BUMDesnya,” terangnya.

Hal senada disampaikan, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lotim, H. Ahmat, jika pemberdayaan BUMDes selaku penyalur BPNT tengah dilakukan komunikasi dan pendataan bersama pemerintah desa. Terutama terkait kesiapan BUMDes dalam penyaluran bantuan rutin tersebut.

Pemberdayaan BUMDes ini diharapkan dapat menjembatani kisruh penyaluran BPNT yang terjadi saat di Kabupaten Lotim. Hadirnya BUMDes juga nantinya dapat mengakomodir produk-produk lokal dari masyarakat. “Sedang kita rencanakan dan siapkan supaya penyaluran BPNT di Kabupaten Lotim ditangani oleh BUMDes,” terangnya. (yon)