Server Pusat Bermasalah, Gladi Bersih UNBK SMK Terganggu

Siswa SMKN 8 Mataram yang tengah menunggu kepastian pelaksanaan gladi bersih UNBK setelah terjadinya permasalahan di server pusat. (Suara NTB/ron)

Mataram (Suara NTB) – Gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMK hari pertama, Senin, 17 Februari 2020 terganggu  masalah pemeliharaan  atau maintenance server pusat. Sejumlah sekolah terpaksa membatalkan pelaksanaan gladi bersih, karena permasalahan di server pusat berlangsung dalam waktu yang lama. Padahal pihak panitia di sekolah sudah berusaha mempersiapkan pelaksanaan gladi bersih sejak akhir pekan kemarin.

Dari informasi yang dihimpun, gladi bersih yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wita tidak bisa dilaksanakan. Server pusat menginformasikan sedang terjadi maintenance tak terjadwal dari pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB. Gladi bersih di seluruh Indonesia dipastikan terganggu.

Iklan

Proktor UNBK di SMKN 8 Mataram, Rinto Hariadi ditemui Senin, 17 Februari 2020 menyampaikan kondisi itu sangat mengganggu pihak penyelenggara. “Padahal kami sudah benar-benar mengoptimalkan persiapan untuk simulasi siswa, tapi terkendala dari pusat, dan kita tidak duga bakal seperti ini,” katanya.

Dari pantauan Suara NTB, sejumlah siswa kelas XII di SMKN 8 Mataram hanya bisa menunggu kepastian kelanjutan gladi bersih. Rinto menyampaikan pihak sekolah sudah mengerjakan persiapan gladi bersih sejak hari Jumat, 14 Februari 2020 lalu. Sinkronisasi dengan server pusat juga sudah dilaksanakan pada hari Sabtu, 15 Februari 2020 sampai dengan Minggu, 16 Februari 2020. Di SMKN 8 Mataram sendiri direncanakan melaksanakan tiga sesi gladi bersih UNBK di satu laboratorium komuter, dengan satu sesi diikuti 32 siswa. Namun gladi bersih tidak sesuai dengan rencana.

Kepala SMKN 8 Mataram, Nengah Istiqomah, M.Pd., mengakui kendala server pusat itu cukup mengganggu pelaksanaan gladi bersih. Namun pihaknya terus melakukan komunikasi ke panitia UN di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB untuk mencari solusi. Pihaknya sudah mempersiapkan alat dan personil yang memadai untuk pelaksanaan gladi bersih.

Terpisah, pelaksanaan gladi bersih UNBK di SMKN 2 Mataram juga terganggu. Wakil Kepala SMKN 2 Mataram Bidang Kurikulum, Dading Qolbuadi, SST.Par., menjelaskan terkait pelaksanaan simulasi hari pertama terjadi kendala pada sistem dan ini berlaku nasional, sehingga siswa belum bisa melaksanakan simulasi sebagaimana yang direncanakan. “Semoga hari ke dua besok (hari ini) dan seterusnya kegiatan simulasi dan UNBK utama akan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala,” harapnya.

Wakil Kepala Bagian Humas SMKN 2 Mataram Sulman Haris, Senin, 17 Februari 2020 menjelaskan, simulasi ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dijadwal selama 2 hari untuk siswa yaitu tanggal 17-18 Februari 2020 dan 1 hari untuk simulasi Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) bagi guru yaitu tanggal 19 Februari.

Namun di hari pertama pelaksanaan simulasi berjalan tidak lancar. Hal demikian dituturkan Sulman lantaran adanya gangguan pada server. Berdasarkan informasi yang dihimpun bahwa gangguan itu berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Kondisi yang sama juga terjadi di SMKN 4 Mataram. Pihak sekolah membatalkan pelaksanaan gladi bersih UNBK di hari pertama kemarin. Kepala SMKN 4 Mataram,  Bakiriyanto, S.Pd., mengatakan pelaksanaan gladi bersih UNBK hari pertama diubah menjadi hari Kamis, 20 Februari 2020.

Terkait masalah itu, Sekretaris I Panitia UN Provinsi NTB, Umar, S.Sos., MM., menyarankan kepada sekolah untuk membatalkan gladi bersih di sesi pertama dan ke dua karena adanya permasalahan di server pusat. “Berarti sesi tiga akan melaksanakan gladi bersih. Atas nama panitia UNBK Provinsi mohon maaf atas ketidak nyamanan ini,” ujarnya.

Umar meyampaikan bahwa gladi bersih tidak untuk persiapan atau latihan materi ujian. Gladi bersih UNBK untuk memastikan aplikasi sudah berjalan dengan baik, memastikan infrastruktur di pusat dan di sekolah sudah siap dan berfungsi dengan baik, dan agar tim pelaksana pusat, helpdesk, proktor, dan panitia sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya.

Jadwal gladi bersih UNBK pada jenjang SMK dilaksanakan pada Senin, 17 Februari 2020 untuk ujian Bahasa Inggris, hari Selasa, 18 Februari 2020 untuk ujian teori kejuruan dan asesmen kompetensi minimum, dan hari Rabu, 19 Februari 2020 untuk ujian asesmen kompetensi minimum untuk guru-guru SMK. (ron/dys)