Seret, Serapan Anggaran di KSB Baru 6,68 Persen

Taliwang (Suara NTB) – Kabag Administrasi Pembangunan dan Layanan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, Setda Sumbawa Barat, Syahril, ST, M. Si menyebutkan, realisasi serapan anggaran pada triwulan pertama masih di bawah target. Dari target 8,3 persen yang harus diserap pada triwulan pertama, yang terealisasi baru hanya sekitar 6,68 persen saja.

Molornya penyerapan anggaran tersebut, diduga karena masih dalam tahap perencanaan dan penyusunan Kerangka Acuan Kerja (KAK).

Iklan

“Target kita sekitar 8,3 persen pada triwulan pertama masih jauh dari kata terealiasi. Karena hanya sekitar 6,68 persen saja yang bisa terserap maksimal. Itu semua didominasi oleh pencairan gaji pegawai serta pembuatan Surat Keputusan (SK) untuk kegiatan pekerjaan dan ATK lainnya,” ungkapnya kepada Suara NTB, Senin, 17 April 2017.

Sementara untuk pelaksanaan program fisik saat ini sudah masuk dalam tahap pelelangan. Bahkan untuk proyek fisik ini, ada perencanaan di bulan kedua dan ketiga. Nanti di bulan keempat sudah ada 20 paket proyek yang akan dilakukan pelelangan. Sementara ini, persentase pelaksanaan program yang sudah masuk pelelangan sudah mencapai angka 22.48% untuk paket dengan nilai di atas Rp. 200 juta sampai Rp  2.5 milliar. Sedangkan paket dengan nilai Rp  2,5 milliar sampai Rp  50 milliar saat ini sudah mencapai angka  33%.

Sementara untuk paket di atas Rp 50 miliar, dalam waktu dekat akan segera dilakukan lelang. “Mudah-mudahan dengan kondisi tersebut, proses pelelangan, progres realisasi serapan anggaran untuk fisik kita akan naik,” ujarnya.

Disinggung apakah pelaksanaan progarm fisik akan molor atau tidak, ia memastikan, bahwa pelaksanaan proyek ini tidak akan molor. (ils)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here