Seratusan UMKM Mendaftar ke NTB Mall, Target Pasar Se-Asia

H. Ricky bersama timnya sedang merampungkan persiapan NTB Mall leading pekan depan. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Sepekan lagi direncanakan NTB Mall sudah beroperasi. Sudah ada seratusan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)/ Industri Kecil Menengah (IKM) mendaftarkan diri “ngelapak”. Pengelola NTB Mall tengah merampungkan persiapannya.

Tim IT NTB Mall hingga pagi kemarin masih sibuk mempersiapkan ITnya. Sebagian juga sedang sibuk melakukan validasi para pelaku UMKM/IKM yang sudah mendaftarkan diri berjualan di NTB Mall. Setengah los ruangan di ujung timur Dinas Perdagangan Provinsi NTB dimanfaatkan sebagai ruang operasional IT, sekaligus sebagai kantornya. Eks ruangan ishopntb. NTB Mall adalah penyesuaian dari ishopntb. Lebihnya, NTB Mall dikelola secara professional, oleh orang-orang profesional.

Iklan

“Sudah ada 113 UMKM yang sudah mendaftar,” kata CEO NTB Mall, H. Ricky Hartono di sela-sela kesibukan mempersiapkan NTB Mall online, maupun offline (toko), Senin, 14 September 2020. Diantaranya produk UMK yang sudah mendaftar adalah kopi, madu, aksesoris, mutiara, suvenir, kerajinan tangan. H. Ricky mengatakan, timnya terus mendata para pelaku UMKM di NTB untuk masuk di NTB Mall.

“Sampai akhir tahun ini, kami menargetkan sebanyak seribu pelaku UMKM sudah masuk di NTB Mall,” kata Owner Ricky Smarphone ini. Produk-produk UMKM yang akan dimasukkan harus memenuhi standar. Kualitas produk, maupun kemasannya. Meski demikian, H. Ricky mengatakan timnya juga akan memberikan pendampingan kepada para UMKM yang akan masuk ke NTB Mall namun belum memenuhi standar.

“Kita juga menyiapkan fasilitas untuk foto produk yang akan dimunculkan di NTB Mall online,” imbuhnya. NTB Mall siap menampung sebanyak-banyaknya produk masing-masing UMKM untuk dipasarkan. Secara online, maupun offline. Khusus untuk offline, karena terbatasnya ruang, setiap dua minggu akan produk UMKM akan diganti dengan produk UMKM lainnya.

Mendaftar di NTB Mall menurutnya mudah. Hanya tinggal mengikuti perintah aplikasi. Proses pembuatan aplikasi NTB Mall sedang disempurnakan. Atau bagi UMKM yang terbatas kemampuan ITnya, dapat mengajukan pendaftaran langsung di adminya, di NTB Mall di Dinas Perdagangan Provinsi NTB tanpa dipungut biaya apapun. UMKM juga akan diberikan pelatihan bagaimana menjadi anggota NTB Mall.

NTB Mall adalah tempat berbelanja secara online (online shop), layaknya online shope yang banyak digunakan. Bedanya, NTB Mall hanya menjual berbagai macam produk lokal NTB. NTB Mall juga berencana akan menggandeng seluruh distro yang ada di NTB ikut masuk. Pangsa pasar utamanya adalah masyarakat NTB, terutama para ASN di Provinsi NTB. Daerah tengah menggodok payung hukum agar seluruh ASN tanpa terkecuali setiap bulan wajib berbelanja di NTB Mall. Bela beli produk lokal. Sehingga tak perlu dikhawatirkan pasarnya.

Tim IT NTB Mall saat ini juga tengah bekerja, aplikasi NTB Mall nantinya boleh menerima pesanan se Asia. Dengan COD atau bayar setelah produk diterima pemesan dimanapun. “TKI-TKI diluar negeri juga boleh nanti memesan terasi Lombok. Bayarnya di sana langsung, setelah barang diterima,” demikian H. Ricky. H. Ricky menegaskan, NTB Mall adalah jawaban bagi pemasaran produk UMKM NTB secara modern. Apalagi dalam situasi Covid-19 saat ini, sistem pemesanan kebutuhan umumnya sudah menggunakan memanfaatkan teknologi dan fasilitas online shop. (bul)