Serapan Anggaran, Tiga OPD Masuk Zona Merah

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Mataram mengevaluasi serapan keuangan dan fisik triwulan II masing – masing organisasi perangkat daerah (OPD). Tiga OPD masuk zona merah karena realisasi masih 22 persen.

Tiga OPD itu yakni Dinas Pariwisata, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Iklan

Ketua TAPD yang juga Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito menjelaskan, evaluasi realisasi keuangan dan fisik rutin laksanakan. Tujuannya, mengetahui sejauhmana serapan maupun kendala masing – masing organisasi perangkat daerah.

Secara keseluruhan realisasi cukup baik walaupun belum mencapai target. Dari target 45 persen pada triwulan kedua, capaian baru mencapai 35 persen. Tiga organisasi perangkat daerah masuk zona merah karena serapan di bawah atau kisaran 22 persen. “Ada juga di bawah 22 persen. Tetapi tidak banyak hanya tiga OPD,” sebut Sekda dikonfirmasi, Kamis, 22 Juli 2021.

Rendahnya realisasi anggaran dipicu adanya refocusing anggaran oleh pemerintah pusat, sehingga program di OPD tertunda. Kedua, belum optimalnya penggunaan aplikasi sistem informasi perencanaan daerah. Sekda optimsi bahwa serapan anggaran akan meningkat drastis di triwulan ketiga, karena sebagian besar proyek fisik anggaran cukup besar mulai ditender. “Insya Allah, triwulan berikutnya bisa tercapai. Kemarin itu kendala di SIPD dan refocusing anggaran,” tandasnya.

Sekda mengingatkan tiga OPD zona merah yakni Bappeda, Dinas Pariwisata dan Dinas PUPR menggenjot pelaksanaan programnya, supaya realisasi serapan anggaran meningkat.

Diketahui sebelumnya, data pagu anggaran Kota Mataram mencapai Rp3.647.749.444.000,. Realisasi sampai tanggal 31 Maret 2021 mencapai Rp545.877.920.671 atau sekitar 14,96 persen. Realisasi di triwulan pertama ini meningkat 1,45 persen dibandingkan posisi akhir Maret 2020 yakni 13,54 persen. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional