Serapan Anggaran Pemkot Masih Rendah

Mataram (Suara NTB) – Serapan anggaran pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Pemkot Mataram masih rendah. Rendahnya serapan itu dipicu sistem informasi perencanaan daerah (SIPD) belum maksimal. Pelaksanaan program dimulai April untuk menggenjot serapan anggaran.

Data pagu anggaran Kota Mataram mencapai Rp3.647.749.444.000,. Realisasi sampai tanggal 31 Maret 2021 mencapai Rp545.877.920.671 atau sekitar 14,96 persen. Realisasi di triwulan pertama ini meningkat 1,45 persen dibandingkan posisi akhir Maret 2020 yakni 13,54 persen.

Iklan

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Mataram, Ir. H. Mahmuddin Tura menyampaikan, beberapa faktor yang memicu rendahnya realisasi belanja di triwulan pertama. Salah satunya adalah, penatalaksanaan aplikasi SIPD belum sempurna, sehingga menyebabkan eksekusi anggaran tak normal. Kedua, refocusing anggaran mencapai Rp210 miliar belum final secara keseluruhan. Badan Keuangan Daerah (BKD) hanya memprioritaskan pembayaran gaji dan honor pegawai. “SIPD ini kan yang jadi masalah. Sampai sekarang belum bisa dieksekusi,” kata Mahmuddin dikonfirmasi akhir pekan kemarin.

Di satu sisi, pemerintah pusat meminta kabupaten/kota menggenjot pelaksanaan program terutama yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Di sisi lain, organisasi perangkat daerah belum bisa menjalankan program karena mandeknya pencairan anggaran.

Mahmuddin bersyukur anggaran yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) tidak direfocusing,sehingga di bulan April, pekerjaan fisik bisa bergerak. “Pergeseran anggaran ratusan miliar yang belum final ini yang menjadi kendala, sehingga OPD tidak berani mengeksekusi program,” tandasnya.

Data serapan fisik dan keuangan sampai saat ini diakui Mahmuddin, belum diterima dari Bagian Administrasi Pembangunan dan Kerjasama Setda Kota Mataram. Tetapi dipastikan realisasi tidak mencapai target. Pemicunya OPD belum mengeksekusi program akibat terkendala sistem anggaran. Kendati demikian, pihaknya terus mendorong agar OPD melaksanakan program prioritas untuk menggenjot realisasi keuangan maupun fisik. (cem)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional