Serapan Anggaran Baru Capai 87 Persen

Mataram (suarantb.com) – Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan LPBJP Setda NTB, I Gusti Bagus Sugiartha menyebutkan realisasi anggaran oleh SKPD di NTB baru mencapai angka 87 persen. Demikian disampaikannya saat ditemui di Kantor Gubernur NTB, Selasa, 6 Desember 2016.

“Progresnya secara fisik menunjukkan angka 87 persen. Mudah-mudahan per 15 Desember sudah masuk diatas angka 90 persen,” ujarnya.

Iklan

Tanggal 15 Desember menurut Sugiartha merupakan batas terakhir pengajuan anggaran. Sedangkan pelaksanaan kegiatan fisik berakhir pada 31 Desember 2016.

“Jadi masih ada beberapa kegiatan yang kontraknya berakhir di 31 Desember,” imbuhnya.

Sugiartha mengharapkan realisasi anggaran tahun ini lebih baik dari tahun lalu. Tahun 2015 lalu realisasi mencapai angka 97 persen.

“Sebisanya sampai akhir tahun anggaran, realisasi lebih baik dari tahun kemarin,” ucapnya.

Untuk posisi SKPD sendiri, disebutkan sudah tidak ada yang berada di zona merah. Hanya beberapa yang masih berada di zona kuning.

“Yang ada di zona kuning itu hanya pada pembayaran anggaran saja. Untuk realisasi proyek fisik sudah dalam kondisi yang ideal,” katanya.

Namun diakuinya masih ada proyek luncuran yang tengah dalam proses pelelangan. Yakni pengadaan barang di Dinas Dikpora.

“Barangnya ada disini, paling seminggu juga selesai. Mungkin tiga hari juga selesai,” optimisnya.

Sementara untuk proyek yang masih berjalan akan ada prosedur tersendiri. Dimana sisa progres yang belum tertangani akan akan diberikan jaminan bank. Sesuai dengan besar nilai dari progres yang belum terselesaikan.

“Jadi semisal kegiatannya baru selesai 90 persen, jadi yang 10 persen diserahkan dulu dalam bentuk jaminan bank. Sehingga saat 15 Desember bisa direalisasikan pembayarannya 100 persen,” tandasnya. (ros)

  Pimpinan DPRD NTB Tak Khawatir Pembahasan RAPBD 2017 Molor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here