Serahkan Jaminan Investasi Rp5 Miliar, Pemprov Tak Ragukan Keseriusan Investor Kereta Gantung Rinjani

Madani Mukarom (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB optimis proyek kereta gantung Rinjani akan terwujud. Pemprov melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tak meragukan keseriusan investor asal China yang akan membangun kereta gantung sepanjang 9 km tersebut, karena mereka telah menyerahkan uang jaminan investasi kepada Pemda sebesar Rp5 miliar.

Kepala Dinas LHK NTB, Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F., M. Si., menjelaskan penyusunan feasibility study (FS), Amdal dan Detailed Engineering Design (DED) proyek kereta gantung Rinjani tertunda akibat pandemi Covid-19. Di mana, tim teknis investor dari luar negeri belum bisa masuk ke Indonesia akibat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Iklan

‘’Soal proyek kereta gantung itu masalahnya tim teknis dari China sama investornya masih tak bisa ke sini. Karena sekarang katanya harus lewat Kementerian Tenaga Kerja. Dibatasi juga, di Imigrasi Mataram ndak bisa,’’ kata Madani dikonfirmasi Suara NTB di Mataram, Kamis, 16 September 2021.

Sebelum pandemi, kata Madani, izin untuk orang luar tidak dibatasi. Sekarang, orang yang masuk ke Indonesia masih dibatasi untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jadi nanti, kalau Covid sudah mereda, segera dia bekerja. Karena dia sudah menyimpan dana di kita sebesar Rp5 miliar. Jaminan investasi yang menunjukan keseriusannya,” kata Madani.

Ia mengatakan, investor baru mengantongi izin prinsip. Setelah mengantongi izin prinsip, selanjutnya membuat FS, DED dan Amdal. Sejumlah dokumen perencanaan ini merupakan pekerjaan teknis. Sehingga, investor perlu mendatangkan tim teknisnya dari China.

“Jadi, ahli-ahlinya didatangkan oleh mereka,” terangnya.

Madani mengatakan jika proyek ini terealisasi, maka NTB akan memiliki kereta gantung terpanjang di dunia. Saat ini, kereta gantung terpanjang berada di China, sepanjang 6 km.

“Jika ini terbangun saya yakin akan menjadi destinasi utama nanti di samping Mandalika. Ini akan menjadi daya tarik. Termasuk bagi wisatawan lokal bukan saja wisatawan domestik dan mancanegara,” ungkapnya.

Madani menambahkan keberadaan kereta gantung Rinjani tak akan mengganggu aktivitas pendakian. Bagi masyarakat yang ingin melihat keindahan Danau Segara Anak karena tak kuat melakukan pendakian, disiapkan sarana kereta gantung.

Proyek kereta gantung akan dibangun di kawasan Gunung Rinjani yang berlokasi di Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah (Loteng). Rencana pembangunan kereta gantung di sekitar kawasan Gunung Rinjani ini diklaim merupakan terpanjang di dunia.

Pembangunan  kereta gantung ini tidak berada di zona inti Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR). Pembangunan kereta gantung  dimulai dari Karang Sidemen Kecamatan  Batukliang Utara Loteng menuju kawasan hutan lindung di bagian atasnya. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional