Serahkan DIPA 2018, Ini Pesan TGB

0

Mataram (suarantb.com) – Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan APBN untuk wilayah NTB tahun 2018 telah diserahkan Gubernur NTB, Dr TGH M. Zainul Majdi kepada seluruh kuasa pengguna anggaran pada Prosesi Penyerahan DIPA Petikan APBN Tahun 2018, di Gedung Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur NTB, Jumat, 15 Desember 2017.

Dalam sambutannya usai penyerahan DIPA tersebut, TGB mengajak seluruh bupati/walikota dan pejabat yang hadir untuk menggunakan anggaran tersebut dengan penuh tanggung jawab. “Mari kita gunakan dengan penuh tanggung jawab. Pastikan itu kembali dalm bentuk program yang bisa dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

IKLAN

Sesuai dengan tema penggunaan anggaran APBN 2018, yakni Memantapkan Pengelolaan Fiskal untuk Mengakselerasi Pertumbuhan yang Berkeadilan, TGB mengatakan penggunaan anggaran baik termasuk APBD harus berlandaskan pada asas keadilan. Sehingga pembangunan yang dihasilkan juga membawa manfaat bagi seluruh masyarakat, bukan hanya sebagian orang.

Jumlah DIPA yang diterima NTB tahun 2018 mencapai Rp 23,45 triliun. Jika ditambah dengan APBD yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejumlah sekitar Rp 5-6 triliun, maka dana pembangunan di NTB dari pihak pemerintah untuk 2018 mencapai Rp 30 triliun.

Untuk itu, dalam pengelolaan APBD TGB menyebutkan ada pesan khusus dari Presiden Joko Widodo. APBD diminta untuk diarahkan pada satu atau dua program prioritas, tidak dibagi-bagi pada banyak program yang kadar kepentingannya kurang.

“Kedua, dalam APBD dirancang program padat karya. Sehingga pengangguran bisa diturunkan dan uang yang beredar di masyarakat lebih banyak. Jangan uang yang ada banyak tersimpan di institusi keuangan atau perbankan. Jangan sampai uang itu dalam dokumen jumlahnya besar, tapi sentuhannya ke masyarakat minim,” tegasnya.

“Pastikan sektor prioritas dibuatkan budgeting policy yang nyata dan program padat karya ditambah. Pastikan postur APBD kita masing-masing untuk dilaksanakan sambil terus dievaluasi,” pungkas TGB. (ros)