Sepuluh Santri Lulus Kedokteran Unram

Mataram (suarantb.com) – Sebanyak 10 santri lulus Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Mataram (Unram) melalui jalur khusus santri berprestasi. Pembukaan jalur khusus santri berprestasi ini berdasarkan permintaan Pemprov NTB yang menginginkan adanya tenaga kesehatan yang bersumber dari kalangan santri.

Rektor Unram, Prof. H. Sunarpi menyampaikan 10 mahasiswa yang lulus ini tidak hanya dipersiapkan sebagai tenaga kesehatan umum, namun akan membantu layanan kesehatan di pondok pesantren.

Iklan

Sepuluh santri yang lolos masuk FK melalui jalur ini ialah santri-santri yang nilainya dapat diafirmasikan oleh pihak Unram. Sehingga dalam jangka waktu satu tahun, santri-santri tersebut diharapkan mampu menyesuaikan diri dalam pendidikan di Fakultas Kedokteran.

Namun Sunarpi menjelaskan pihaknya belum bisa langsung memasukkan 10 santri ke FK pada tahun ini. Dari 10 santri, hanya lima orang yang bisa langsung masuk ke FK. Sementara lima santri lainnya harus mengikuti program matrikulasi pendidikan IPA selama satu tahun di Unram untuk persiapan memasuki FK pada tahun akademik berikutnya atau 2017 mendatang.

“Janji kepada gubernur untuk menerima 10 santri memang pada prinsipnya bisa kita laksanakan, meskipun, demi untuk kemampuannya beradaptasi, jadi perlu dilakukan secara bertahap,” jelasnya, Selasa, 26 Juli 2016.

Setelah melakukan evaluasi terhadap nilai akademik santri tersebut, lima santri yang dianggap mampu mengikuti pendidikan di FK langsung terdaftar sebagai mahasiswa. Lima santri tersebut berasal dari Ponpes Al-Aziziyah (dua orang), masing-masing satu santri dari Ponpes Nurul Hakim, MA NW Selaparang, dan MA NU Bonder Lombok Tengah.

“Santri-santri tersebut selain akademiknya bagus, mereka juga penghafal Al-Qur’an,” pungkasnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here