September, Rencana SKB CPNS di Lobar

Suparlan (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD dan PSDM) Lombok Barat (Lobar) Suparlan, S.Sos., mengatakan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS diperkirakan bulan September. Menyusul BKD sudah menerima surat resmi dari Kemenpan RB tata cara pelaksanaan tes SKB menggunakan protokol Covid-19.

“CPNS diperkirakan bulan September, tinggal pemberitahuan resmi. Kami baru menerima tata cara pelaksanaan SKB dalam kondisi Covid-19,” jelasnya, Senin, 13 Juli 2020.

Iklan

Mengacu surat yang dikeluarkan pusat ini, pelaksanaan SKB harus mengacu penerapan standar Covid-19. Di mana sebelumnya dilakukan tes terhadap 100 peserta dalam satu sesi, namun sekarang menjadi 50 orang dan jaraknya diatur.

Dengan pengaturan ini tentu, akan membutuhkan waktu untuk pelaksanaan tes SKB. Namun menurut dia tidak terlalu memakan waktu lama, karena jumlah peserta 500 orang lebih. Pihaknya tak bisa berbuat, karena yang memutuskan adalah pusat. Tanpa harus bersurat ke pusat, nantinya pusat yang menginformasikan ke daerah. Hal ini jelas dia terjadi seluruh Indonesia.

Ketika dikonfirmasi, terkait keputusan pusat ini mengganggu persiapan daerah, Suparlan mengaku tidak ada masalah. Alasannya, kalau pusat memerintah pelaksanaan SKB besok, pihaknya bisa mempersiapkan, karena perangkat sudah ada untuk pelaksanaan tes SKB.

Diketahui, jumlah peserta CPNS yang dinyatakan lolos tahap selanjutnya ikut tes SKB di Lobar hanya 407 orang dari jumlah peserta tes SKD 3.879 orang. Artinya 3.472 peserta tidak lolos. Sedangkan sekitar 42 formasi dipastikan kosong, lantaran ada yang tidak ada pelamar dan pelamar tidak lulus passing grade.

Ia menambahkan, rencananya Rabu depan akan dilakukan pengukuhan dan pengambilan sumpah sebanyak 206 orang CPNS. Ratusan CPNS yang dikukuhkan ini direkrut tahun 2018, terdiri dari formasi umum 200 orang, dua orang bidan PTT dan dua orang IPDN. “Itu yang akan kita lantik ambil sumpahnya nanti hari Rabu,” jelas dia. (her)