September, Batas Akhir Pengembalian Kerugian Negara di Mataram

Lalu Alwan Basri. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pelimpahan kewenangan penagihan kerugian negara kepada jaksa pengacara negara (JPN) belum maksimal. Sebagian kecil rekanan maupun organisasi perangkat daerah (OPD) mengembalikan ke kas daerah. Tercatat Rp600 juta belum tertagih.

Secara keseluruhan tunggakan kerugian negara akibat kelebihan bayar maupun kekurangan volume mencapai Rp900 juta lebih. Temuan ini tersebar di 44 organisasi perangkat daerah,termasuk kecamatan dan kelurahan. Terbaru Inspektorat kembali menerbitkan empat surat kuasa khusus (SKK) ke Kejaksaan.

Iklan

Inspektur Inspektorat Kota Mataram, Lalu Alwan Basri menegaskan, tindaklanjuti kerugian negara menjadi hak Kejaksaan Negeri Mataram selaku jaksa pengacara negara. JPN telah mengumpulkan pimpinan OPD,camat dan lurah serta rekanan memastikan pengembalian tunggakan kerugian negara. Hasil klarifikasi disepakati pembayaran sampai akhir September mendatang. “JPN memberikan tenggat waktu sampai September untuk melunasi,” kata Alwan.

Kesanggupan mengembalikan kerugian negara disertai dengan menandatangani surat kesanggupan membayar. Surat pernyataan itu tidak mungkin diingkari. Berbeda halnya surat keterangan tanggungjawab mutlak (SKTJM) yang dikeluarkan oleh Inspektorat. “Kalau sudah ada surat kesanggupan dari Kejaksaan ndak mungkin diingkari. Karena resikonya berbeda,” ucapnya.

Disebutkan Alwan, total kerugian negara belum tertagih Rp 600 juta lebih dari total Rp 900 juta lebih. Tingginya temuan itu karena perusahaan yang mengerjakan proyek bale budaya belum mengembalikan. Totalnya mencapai Rp200 juta lebih. Sedangkan, item lainnya berupa kelebihan bayar dan lainnya sebagian telah dilunasi.

Alwan juga membenarkan, surat kuasa khusus (SKK) diserahkan ke Kejaksaan bertambah dari 44 menjadi 48 SKK. Empat SKK tambahan itu merupakan temuan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan dan Inspektorat NTB di Dinas Pertanian,Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kecamatan Sandubaya. (cem)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional