Sensasi Track Bukit Cacing, Pengunjung Bisa Bersepeda Sambil Berwisata

TRACK atau jalur bersepeda di Bukit Cacing Desa Taman Sari Kecamatan Gunungsari dibuka resmi oleh Pemda Lombok Barat (Lobar). Peresmian jalur bersepeda milik Pemda ini langsung oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid ditemani Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah, Kapolres Lobar AKBP Bagus S. Wibowo dan Kepala Dinas Dispora Lobar  H. Maad Adnan serta jajaran OPD terkait, Minggu, 28 Maret 2021.

Sensasi berbeda di jalur track bersepeda ini, karena sambil bersepeda para goweser bisa menikmati keindahan alam pegunungan dan perbukitan. Jalur yang dinamakan Cacing Fun Track, ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) C, Guard (Community Gunungsari Rider) yang ada di desa setempat. Peresmian track BukitCacing dilakukan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita secara bersamaan yang dilakukan di puncak Bukit Cacing.

Iklan

Maliki, Ketua Pokdarwis C, Guard Community Rider, awalnya jalur sepeda ini dibuka dengan sistem sewa lahan dari warga sekitar.Namun sekarang  dengan kepedulian dari Pemda Lobar, khususnya dari Bupati Lobar dan dukungan dari Ketua DPRD bisa membuat Cacing FunTrack menjadi lebih bagus, dan menjadi track resmi dari bersepeda di Lobar.” Ini juga berkat Kepedulian dari Pemda Lobar dan dukungan dari ketua dewan tapi yang lebih besar lagi kerja teman-teman C, Guard yang bekerja dengan ikhlas tanpa pamrih,” ujar Maliki.

Track Bukit Cacing panjangnya sekitar 2,5 kilometer lebih dan letaknya yang strategis dari Kabupaten Lobar dan Kota Mataram, lahan yang dulunya dikuasai oleh masyarakat sekitar kini sudah diambil alih oleh pihak Pemda Lobar dan ddkelola oleh Pokdarwis C, Guard Community Gunungsari Rider. Dalam perkembangannya juga Cacing Fun Track selain menjadi Jalur sepeda, bisa menjadi destinasi wisata alam yang baru dengan pemandangannya yang indah bisa menyejukkan mata para pecinta biker. “Tidak hanya menjadi tempat bersepeda, namun BukitCacing juga menjadi destinasi wisata alam dengan pemandangan alamnya,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Lobar H. Fauzan Khalidmengaku bangga terutama pemda. Ia mengatakan apa yang diharapkan oleh Pokdarwis ke depannya  segera ditindaklanjuti. Ia juga mengatakan setelah pembebasan lahan ini akan segera dilakukan penataan dengan melibatkan orang yang ahli dalam track. “Tujuannya ke depan supaya track ini mendapatkan sertifikat nasional sehingga tidak hanya digunakan sebagai hobi tetapi bisa digunakan sebagai tempat pertandingan resmi dan bisa menjadi terkenal dan ramai,” ujar Fauzan.

Fauzan juga mengajak masyarakat untuk tidak cepat bosan dalam mengelola track tersebut. Bupati mengharapkan dalam penataan tracktersebut menginginkan ditanami bunga kertas yang berwarna merah putih di pinggir track untuk memperindah dan menghangatkan suasana.”Saya mau agar sepanjang jalur track ditanam bunga kertas warna merah putih,”  imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Dispora Lobar Maad Adnan mengatakan, peresmian track sepeda ini sebagai langkah dari  Pemkab Lobar dalam usaha menggerakkan gerakan olahraga bersepeda Kabupaten Lobar, yang sudah digerakkan sejak beberapa waktu lalu dalam rangka mengolahragakan masyarakat.

”Pemkab Lobar sudah melaksanakan gerakan ayo bersepeda sejak beberapa bulan yang lalu,“ katanya. Bentuk gerakan tersebut, secara rutin Bupati Lobar bersama para kepala OPD di  Pemkab Lobar melakukan olahraga bersepeda, yang digelar di setiap kecamatan dalam satu bulan satu kali. Saat ini, tambahi, sudah mencapai etape kelima yakni Kecamatan Gunungsari. “Dengan diresmikannya FunTrack Bukit Cacing diharapkan mampu meningkatkan prestasi olahraga sepeda dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah fun track yaitu di Desa Taman Sari,” imbuhnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional