Senggigi Sound Sensation Hadirkan Maestro Blues

Dispar Lobar menggelar live music SSS sebagai upaya membangkitkan Senggigi di masa pandemi. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) -Senggigi Sound Sensation atau SSS edisi kedua yang digelar di Kafe Metrozone Senggigi, Minggu sore, 27 September 2020 terasa lebih berwarna dengan kehadiran maestro blues folk Ary Juliant. Lagu sarat makna dibalut petikan gitar dan alunan biola Kang Ary dan Arief menjadi pembuka acara Live Music Streaming yang diinisiasi Dinas Pariwisata Lombok Barat. Di dua lagu pembuka Kang Ary, membawakan lagu bertemakan Senggigi. Baginya lagu tersebut menjadi spirit yang bisa dibawa hingga kini.

“Lagu yang pertama tadi itu judulnya biru Senggigi, itu memang saya buat ketika pertama kali saya atau awal-awal saya berada di Senggigi pada tahun 1995. Senggigi memang memiliki potensi yang luar biasa dan itu menjadi sesuatu buat saya makanya saya buat lagu,” terangnya.

Iklan

“Dan lagu yang kedua itu salam kepada ikan-ikan. Inspirasinya ketika saya menyebrang pakai Fery dari Bali ke Lombok dan melihat indahnya dan kayanya laut Indonesia, itu membuktikan bahwa potensi kita besar,” lanjutnya.

Kang Ary yang semula direncanakan tampil pada SSS edisi pertama mengaku sangat mengapresiasi semangat Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bersama para pelaku wisata untuk mengembalikan kembali aktivitas pariwisata di Lombok, khususnya Senggigi. Ia berharap kegiatan semacam ini dapat terus berlanjut.

“Mudah-mudahan acara ini tidak hanya sekali ini, ini penting untuk dilakukan berkali-kali dan berbagai ranah sosial sekalipun di era pandemik sekarang ini,” harapnya.
“Harapan saya sekali pun di era new normal atau setelah masa pandemi ini kita tetap optimis bahwa Senggigi itu tetap menjadi salah satu tujuan destinasi yang penting, yang tidak akan bisa diabaikan. Sekalipun sekarang ada yang baru misalkan seperti Mandalika dan lain sebagainya tapi tetap Senggigi itu ada sesuatu, makanya tidak heran kalau saya pikir teman-teman tetap semangat. Ayo Kembali Ke Senggigi itu adalah satu semangat yang positif,” tambah musisi asli Bandung ini.

Walaupun sedikit mengalami kendala teknis, namun gelaran kedua Live Music Streaming yang diinisiasi Dinas Pariwisata Lombok Barat ini berjalan baik. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Lobar Saepul Akhkam akan menjadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi untuk event selanjutnya.

“SSS seri kedua ini sedikit ada kendala di jaringan. Ini jadi catatan perbaikan utk seri ketiga. Kang Ary dan dua band yang tampil sudah maksimal, tapi mestinya akan lebih baik lagi dengan dukungan jaringan internet yang lebih baik. Ada delay yang cukup besar. Secara umum kita sudah maksimal, Insya Allah di seri ketiga yang rencana nya di Paragon akan lebih baik,” terang Akhkam.

Senggigi Sound Sensation sendiri lahir dari obrolan ringan serius antara para pelaku wisata yang ada di Senggigi dan jajaran Dispar Lobar. Di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, acara live streaming menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang rindu dengan konser musik.”Semangatnya yang luar biasa. Semua ingin agar Senggigi lebih hiruk lagi dengan para wisatawan. Jadi hastag kita #AyoKembaliKeSenggigi tetap menjadi pemersatu seluruh pelaku pariwisata di Lombok Barat,” pungkasnya.(her)