Semua Elemen Diminta Berperan Aktif Berantas Penyalahgunaan Narkoba

Mataram (suarantb.com) – DPRD NTB meminta semua elemen masyarakat berperan aktif dalam melakukan pemberantasan peredaran maupun penyalahgunaan narkoba terutama di tingkat pelajar yang semakin marak terjadi di NTB. Orang tua dan guru juga harus menerapkan sistem pengawasan yang ketat. Jika hal itu tidak dilakukan, maka kondisi para pelajar akan terus terpuruk.

Kepada suarantb.com, Anggota Komisi V DPRD NTB, Hj. Nurlaela C., SE, mengaku prihatin melihat kondisi pelajar di NTB yang menurutnya sangat meresahkan terkait penyalahbunaan narkoba. Banyaknya kasus penyalahgunaan narkoba yang melibatkan pelajar di NTB juga dinilainya akibat pengawasan yang kurang ketat, baik oleh orang tua maupun guru di sekolah.

Iklan

Ia menyampaikan ketika pelajar terjerumus menyalah gunakan narkoba, tidak lantas kesalahan sepenuhnya dilimpahkan kepada mereka. Harusnya para orang tua dan guru menyalahkan dirinya yang tidak mampu melindungi anak-anaknya dari bahaya narkoba.

“Saya rasa kita semua harus bertanggung jawab. Jangan hanya menyalahkan pelajarnya. Salahkan diri kita sebagai orang tua. Pemerintah, orang tua, guru semuanya harus merespon ini. bahaya sekali kalau dibiarkan,” ujarnya.

Ia menilai, kondisi psikologi pelajar yang masih ingin mengetahui banyak hal, termasuk hal-hal yang negatif harus mendapat pengawasan yang ketat. Bagaimanapun juga orang tua dan guru sebagai orang yang paling dekat dengan mereka harus memberikan pengawasan ekstra. Sehingga para pelajar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba ataupun hal-hal negatif lainnya.

“Pemerintah harus bersinergi dengan masyarakat, Guru dan Orang tua untuk melindungi anak-anak kita dari bahaya narkoba. Kita ini semua kan pernah menjadi pelajar. Kita tahu dulu kalau kita diajak nakal, pasti kita mau. Untuk itu orang tua harus ketat mendidik dan mengarahkan anak-anaknya. Jangan semuanya kesalahan dilimpahkan ke mereka,” tandasnya. (ast)

  Setiap Tahun, Kasus Anak di KSB Terus Meningkat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here