Sementara, Operasional KEK Mandalika Ditunda

Praya (Suara NTB) – Pemerintah pusat sampai saat ini masih menunda operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, menyusul belum adanya penetapan dari Presiden. Dengan begitu, semua kemudahan dan fasilitas khusus yang disiapkan di kawasan tersebut belum bisa disiapkan.

Hal itu diakui Deputy Project Director KEK Mandalika, H. Adi Sujono, kepada wartawan, di Kuta, Pujut, Selasa, 10 Oktober 2017 kemarin.

Iklan

Dari sisi persyaratan, tegasnya KEK Mandalika sudah dinyatakan siap operasi sejak Juli lalu. Hanya saja, rencana peluncuran operasional KEK Mandalika belum bisa dilakukan sampai sekarang ini. Karena masih harus menunggu kesiapan dari Presiden Joko Widodo, yang memang berencana langsung meluncurkan operasional KEK Mandalika.

‘’Kita sudah beberapa kali mengajukan jadwal peluncuran KEK Mandalika ke Presiden. Tapi karena terkendala jadwal yang padat dari Presiden, maka sampai sekarang peluncuran operasional KEK Mandalika sementara belum bisa dilakasanakan,’’ katanya.

Ia menjelaskan, dari 11 KEK yang ada di Indonesia, baru empat KEK yang sudah dinyatakan siap operasi. Dari empat KEK tersebut, hanya KEK Mandalika yang dinyatakan benar-benar siap operasi. Jika dilihat dari persyaratan yang ada. Lantaran poin kesiapannya sudah diatas 90 persen.

‘’Kalau sudah dinyatakan  beroperasi, maka banyak kemudahan yang didapat. Terutama bagi investor dan pengusaha yang ada di dalam KEK tersebut. Misalnya, soal bea masuk barang impor dan beberapa pajak, itu bebas. Termasuk berbagai fasilitas lainnya,’’ ujar Adi.

Lebih lanjut Adi menambahkan, satu kawasan baru bisa dinyatakan sebagai KEK siap beroperasi kalau sudah ada fasiltas pendukung kawasan yang terbangun di dalamnya. Ditambah adanya rencana pembangunan fasilitas lainnya.

Sementara di kawasan Mandalika, sudah hampir semua fasilitas pendukung yang terbangun. Kalaupun ada yang belum, tetapi sudah ada perencaan akan dibangun tahun depan.

Bicara soal investor, sejauh ini sudah ada sekitar 18 investor yang akan masuk. Tujuh investor diantaranya sudah siap membangun mulai tahun depan. Sehingga semua persyaratan sebagai KEK yang siap operasi, sudah dipenuhi oleh KEK Mandalika. Tinggal sekarang menunggu penetapan saja. Dan, pihaknya berharap tahun ini KEK Mandalika bisa dinyatakan beroperasi oleh pemerintah pusat.  (kir)