Sembilan Unit Bangunan TPS3R Mangkrak di Lobar Bukan Proyek Provinsi

Madani Mukarom (Suara NTB/dok)

PEMPROV melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB mengklarifikasi bahwa sembilan unit bangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang mangkrak di Lombok Barat bukan proyek provinsi. Pembangunan TPS3R merupakan bantuan dari Balai Wilayah Permukiman Kementerian PUPR.

‘’Pembangunan  TPS3R bukan dari Dinas LHK NTB, tetapi bantuan dari Balai Wilayah Permukiman Kementerian PUPR,’’ jelas Kepala Dinas LHK NTB, Ir. Madani Mukarom, B.Sc.F., M.Si., kepada Suara NTB, Kamis, 1 Juli 2021.

Iklan

Namun, kata Madani, Dinas LHK memang berinisiatif  akan melakukan revitalisasi terhadap seluruh TPS3R di NTB yang memang kondisinya belum berfungsi optimal atau mangkrak. Dengan mengembangkan industri pengolahan sesuai IPTEK  yang sudah ada.

Selain itu, kata Madani, pihaknya akan mendorong Bank Sampah yang sudah operasional untuk mengelola TPS3R, yang akan dikoordinasikan dengan desa setempat, UPT Kementerian PUPR dan Dinas Lingkungan Hidup (LH) setempat.

Diberitakan sebelumnya, sembilan unit bangunan TPS3R yang dibangun tahun sejak 2017 sampai saat ini tak bisa difungsikan. TPS3R yang dibangun dengan total anggaran Rp3,6 miliar. Di mana masing-masing TPS3R anggarannya Rp 500-600 juta.

Sembilan TPS3R itu, dua di antaranya dibangun di Kelurahan Gerung Selatan dan Desa Babussalam. Bantuan itu langsung diserahkan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di masing-masing kecamatan. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional