Sembilan Koli Terumbu Karang Tanpa Dokumen Diamankan di Lembar

Mataram (suarantb.com) – Sebanyak sembilan koli/dus terumbu karang tanpa dokumen resmi diamankan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Rabu 14 September 2016. Terumbu karang tanpa surat izin balai karantina ikan tersebut berhasil diungkap anggota Polsek KP3 Lembar dengan dibantu Anggota Balai Karantina Ikan.

Kabid Humas Polda NTB, AKBP Dra. Tribudi Pangastutidi Mataram, Rabu, 14 September 2016 menjelaskan kronologis kejadian tersebut. Saat pemeriksaan rutin, petugas menemukan sembilan koli terumbu karang di bus Rasa Sayang dengan nomor polisi EA 7289 M. Sopir bus berinisial SP mengaku terumbu karang tersebut dititipkan dari Sumbawa. Barang tersebut diduga akan dikirim ke Ubung Bali, namun belum tiba di tempat tujuan, petugas berhasil menggagalkannya di Pelabuhan Lembar.

Iklan

Sementara identitas pengirim dari Sumbawa maupun penerima dari Bali tidak tercantum dalam barang tersebut. Hal tersebut diduga sebagai antisipasi agar identitas para pihak yang berkaitan dengan terumbu karang tersebut menjadi aman.

7 - 2

Pelepasan terumbu karang di Pantai Tawun, Kecamatan Sekotong, Rabu 14 September 2016 (suarantb.com/ist)

Sementara Pihak Balai Karantina Ikan yang berkoordinasi dengan Polsek KP3 Lembar telah mengamankan barang bukti tersebut. Hingga saat ini, petugas kepolisian terus berupaya menelusuri asal dan tujuan terumbu karang tersebut. Terumbu karang tersebut kini telah dilepas di Pantai Tawun, Kecamatan Sekotong, agar tidak rusak atau mati. (szr)