Selesaikan Persoalan Warga, Pemdes Perampuan Bentuk Bale Mediasi

Pemdes Perampuan melakukan fasilitasi persoalan warga melalui Bale Mediasi Desa

Giri Menang (suara NTB) – Untuk menyelesaikan persoalan perselisihan maupun pelanggaran hukum yang terjadi di desa, Pemdes Perampuan, Kecamatan Labuapi, kabupaten Lombok Barat (Lobar) membentuk bale atau berugak mediasi. Sejumlah persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat pun bisa diselesaikan secara mediasi dan musyawarah kekeluargaan.

Kades Perampuan, H. M. Zubaidi, M.Pd.I mengatakan pihaknya membentuk bale mediasi untuk menyelesaikan segala persoalan antar warga. Baik Persoalan hukum, pidana maupun perdata. “Kami bentuk bale atau berugak mediasi desa untuk memediasi menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat. Seperti kasus perceraian, waris, hingga masalah hukum perdata hingga pidana,” sebut H. Zubet, sapaan akrab Kades Perampuan ini, Jumat, 1 Oktober 2021.

Iklan

Bale mediasi itu dibentuk semenjak dirinya menjabat. Sebelumnya ada di dusun-dusun, namun semua tokoh dipanggil ke desa untuk dilakukan mediasi di kantor desa. Supaya jangan di dusun, untuk mengindari bias di bawah, pihak desa memfasilitasi mediasi, sehingga sudah banyak persoalan bisa diselesaikan tanpa berujung atau dibawa ke aparat. “Sudah banyak masalah warga kami selesaikan melalui Bale Mediasi Desa,” sebut dia.

Kedepan ia berharap bagaimana bale mediasi di desanya difasilitasi dan didukung oleh Bale Mediasi yang ada di Pemprov. “Ayo apa langkah-langkah supaya langkah kita dimediasi sah secara hukum, tidak ada lagi terjadi persoalan ke aparat dan digugat di pengadilan,” imbuhnya. Karena melalui bale mediasi ini memang mengusung dan melestarikan kearifan lokal kita,” sebut dia. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional