Selesai Dalam Waktu Singkat, Prestasi Indonesia dalam Khat Qur’an

Mataram (suarantb.com) – Mata lomba Khat Qur’an dalam acara Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) dijadwalkan selesai pada Rabu, 3 Agustus 2016. Dari semua cabang mata lomba MTQN, Khat Qur’an merupakan lomba yang paling cepat terselesaikan.

Lomba yang diadakan mulai hari Minggu, 1 Agustus 2016 hingga Rabu, 3 Agustus 2016 tersebut dimulai dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Menurut Dewan Hakim lomba Khat Qur’an, H. D. Siradjudin AR, hal tersebut merupakan prestasi Indonesia yang luar biasa. Di tingkat Internasional, Karya seni Khat Qur’an yang dapat diselesaikan dalam waktu tujuh hingga delapan jam adalah hal yang membanggakan.

Lomba Khat Qur’an di tingkat Internasional biasanya diadakan dalam jangka waktu empat bulan hingga satu setengah tahun. “Jadi tujuh jam, delapan jam ini mengagumkan mereka,” ungkapnya ketika ditemui dalam acara final lomba Khat Qur’an di Gedung Graha Bhakti Kantor Gubernur NTB, Rabu, 3 Agustus 2016.

Siradjudin mengatakan bahwa lama pelaksanaan lomba Khat Qur’an memerlukan waktu yang cukup fleksibel, tidak tergantung pada batas waktu yang telah dijadwalkan oleh panitia.Namun umumnya peserta dapat menyelesaikan karyanya dalam waktu tujuh hingga delapan jam saja.

“Karena membuat karya ini (Khat Qur’an) memerlukan banyak waktu, sehingga tidak tahu persis (waktu selesainya). Kalau ada perkembangan lain mungkin bisa berubah,” pungakasnya. (rdi)