Seleksi Tujuh Jabatan Kosong Dipercepat

H. Effendi Eko Saswito. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram masih menunggu rekomendasi pelaksanaan seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Seleksi tujuh jabatan kosong akan dipercepat.

Jabatan bakal dipansel adalah Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepal Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Kepala Dinas Perikanan dan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram.

Iklan

Sekretaris Daerah Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito, Jumat, 27 Agustus 2021  menerangkan, pihaknya masih mengkomunikasikan dengan KASN dan berharap rekomendasi pengisian JPTP di lingkup Pemkot Mataram disegerakan. Sehingga, pengumuman seleksi bisa dimulai pekan depan. “Ini sangat tergantung dari rekomendasi KASN. Kami sedang mengkomunikasikan itu,” kata Sekda.

Pansel JPTP diakui, tidak seperti tahun – tahun sebelumnya. Rencananya, pengisian tujuh jabatan itu dipercepat dengan alasan kebutuhan organisasi. Karena itu, pejabat yang merasa memiliki kompetensi dan memenuhi syarat diminta segera mempersiapkan diri. Artinya, tidak perlu menunggu pengumuman dikeluarkan. “Waktu kita mulai dari pengumuman sampai menyerahkan hasil ke Walikota itu hanya 24 hari,” sebutnya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baiq Nelly Kusumawati memastikan, pengumuman seleksi JPTP akan dimulai pekan depan. Saat ini, pihaknya berkoordinasi dengan KASN untuk memastikan apakah rekomendasi tersebut telah diberikan penomoran. “Siang ini (kemarin,red) kita tunggu jawaban. Informasinya rekomendasi sudah ditandatangani tinggal dikasi penomoran,” ucapnya.

Dia juga mengakui, pansel akan bekerja cepat. Pejabat pembina kepegawaian memberikan waktu selama 24 hari untuk menyelesaikan pengisian jabatan kosong tersebut. Secara aturan tidak ada perubahan. Hanya saja, waktu pendaftaran seharusnya 14 hari kerja dipangkas menjadi 5 hari kerja. Apabila ada jabatan tidak memenuhi kouta pelamar akan diperpanjang pendaftaran selama tiga hari. “Kalau tahapan tetap sama. Cuma waktu pendaftaran saja dipersingkat jadi lima hari,” demikian kata Nelly. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional