Seleksi Sekda KSB Dibuka untuk ASN se-NTB

Abdul Malik Nurdin. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Kesempatan menduduki kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak hanya terbuka bagi pejabat daerah bermoto Pariri Lema Bariri itu. Pada pembukaan seleksi pengisian pejabat nomor satu birokrasi tersebut nanti, pemda KSB akan membuka kesempatan bagi seluruh ASN hingga tingkat regional NTB.

“Kita buka se-NTB. Artinya bagi pejabat yang berada di wilayah NTB baik di kabupaten/kota lain maupun di provinsi, kalau memenuhi syarat boleh melamar untuk mengisi jabatan Sekda KSB,” kata Kepala BKPSDM KSB, H. Abdul Malik Nurdin.

Iklan

Ia menjelaskan, diperuntukkannya hanya bagi pejabat ASN di wilayah kerja NTB tentu telah dipertimbangkan dengan melihat kententuan yang ada. Di mana soal ketersedian sumber daya untuk mengisi jabatan Sekda tingkat kabupaten/kota di NTB saat ini sudah sangat memadai dalam satu wilayah provinsi (NTB). “Bisa sebenarnya dibuka secara nasional. Tapi hasil analisa kita, di NTB ini banyak pejabat ASN yang sudah memenuhi syarat untuk posisi Sekda kabupaten/kota,” bebernya.

Selanjutnya H. Malik mengatakan, tahapan seleksi Sekda nantinya sepenuhnya menjadi kewenangan tim panitia seleksi (Pansel). Setelah terbentuk, Pansel akan menjalankan serangkaian tahapan penilaian hingga hanya menyisakan 3 nama calon yang dinilai memenuhi kriteria.

Ketiga nama calon itu, kemudian sambung mantan Asisten III Setda KSB ini, yang akan diserahkan ke bupati selaku kepala daerah untuk dipertimbangkan menjadi salah satunya pejabat yang dipilih. “Tapi setelah ada pilihan, pak bupati mengajukan ke gubernur untuk di SK-kan,” imbuhnya. (bug)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional