Seleksi Kompetensi CPNS Belum Ada Kejelasan

Baiq Nelly Kusumawati. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kota Mataram mulai gelisah. Pasalnya, seleksi kompetensi bidang (SKB) belum ada kepastian dari pemerintah. Namun pelaksanaan ujian tetap digelar dengan mengikuti standar protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, informasi sebelumnya bahwa pelaksanaan SKB digelar Agustus. Kepastian lebih lanjut pihaknya masih menunggu dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) terkait pelaksanaan teknis.

Iklan

“Belum ada kepastian dari pemerintah pusat,” kata Nelly.

Kata dia, pelamar yang memenuhi nilai ambang batas dan lolos SKB mulai gelisah. Mereka terus menanyakan jadwal pelaksanaan SKB. Pihaknya memberikan penjelasan agar pelamar bersabar menunggu informasi dari pemerintah pusat. Kondisi pandemi tidak bisa dipaksakan. Pemerintah lebih memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

“Sambil menunggu persiapkan diri untuk belajar,” sarannya.

Nelly menegaskan, SKB pasti akan digelar. Pelaksanaannya berbeda dengan situasi dan kondisi normal. Masa pandemi ujian mengikuti standar protokol kesehatan Covid-19.

Secara teknis dijelaskan, jadwal diatur pelaksanaan SKB selama dua hari akan ditambah. Tiap satu sesi diatur untuk 20 peserta. Pola ini memperhatikan social distancing dan phsyical distancing.

“Volumenya kita kecilkan. Waktu pelaksanaan kita tambah,” pungkasnya.

Persiapan secara teknis diakui, tidak ada masalah. Lokasi tes ditetapkan di SMKN 3 Mataram. Fasilitas komputer beserta jaringan telah tersedia dengan baik.

Tenaga kesehatan seperti dokter dan dokter spesialis memenuhi nilai ambang batas ditegaskan Nelly, kebijakannya harus tetap ikut SKB. Meskipun sudah ada jaminan mereka diangkat sebagai CPNS. “Sama dengan guru yang sudah punya sertifikat pendidik. Mereka harus ikut SKB,” demikian kata Nelly.

  Tahun Ini, Pemerintah Buka Lagi Rekrutmen CPNS dan P3K

Diketahui, pelamar CPNS mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) berjumlah 4.087 orang. Pelamar yang memenuhi nilai ambang batas 2.080 orang. Dan, tidak memenuhi passing grade 2.007 orang. Dari 2.080 orang yang memenuhi passing grade, tetapi berhak mengikuti seleksi kompetensi bidang 621 pelamar. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here