Seleksi Jalur Prestasi SMP Lewat Sistem Daring

ilustrasi Sistem Daring

Mataram (Suara NTB) – Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi jenjang SMP di Kota Mataram dijadwalkan pada Sabtu, 20 Juni 2020 atau hari ini. Seleksi dilakukan lewat sistem daring dengan verifikasi dari sekolah. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram menjamin proses seleksi terjamin karena server yang terpusat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kota Mataram, M. Taufik ditemui di ruang kerjanya, Jumat, 19 Juni 2020 mengatakan, seleksi jalur prestasi sesuai dengan kuota sekolah dan tidak dibuat-buat. PPDB jalur prestasi dan afirmasi sendiri dibuka pada Selasa, 16 Juni 2020 sampai dengan Jumat, 19 Juni 2020, diumumkan pada Sabtu, 20 Juni 2020. “Seleksi berdasarkan aturan yang ada, kalau tidak sesuai, tidak bisa masuk sistem,” ujarnya.

Iklan

Ada empat jalur PPDB di tahun 2020 ini yaitu jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah, jalur afirmasi paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali siswa paling banyak 5 persen, dan jalur prestasi paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah.

Jalur prestasi dengan kuota paling banyak 30 persen diperuntukkan bagi calon peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah yang bersangkutan atau luar Kota Mataram. Seleksinya ditentukan berdasarkan peringkat berdasarkan perhitungan nilai akhir menggunakan prinsip penjumlahan nilai meliputi prestasi akademik dan prestasi non akademik. “Sesuai dengan kuota yang ada, tidak dibuat-buat,” ujar Taufik.

Ia menjelaskan, terkait dengan pengumuman jalur Prestasi dan Jalur Afirmasi pada hari ini, pihaknya merapatkan teknis pengumumannya pada Jumat, 19 Juni 2020. Namun hampir pasti dilakukan secara daring juga.

Sementara itu, terkait dengan PPDB Zonasi yang akan dibuka pada Senin, 22 Juni 2020 sampai dengan Sabtu, 27 Juni 2020, dan diumumkan pada Senin, 29 Juni 2020, pihaknya juga menegaskan dilaksanakan sesuai aturan. Namun bagi sekolah yang masih kekurangan siswa, siswa di sekolah yang kelebihan siswa akan disalurkan ke sekolah tersebut sesuai dengan radius zonasi. Untuk jalur perpindahan orang tua siswa/wali dibuka pada Selasa, 16 Juni 2020 sampai dengan Sabtu, 27 Juni 2020, diumumkan pada Senin, 29 Juni 2020.

Sebelumnya, Kepala Disdik Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., menjelaskan, Pengajuan pendaftaran untuk calon peserta didik baru dapat dilakukan secara mandiri dalam jaringan dari rumah maupun datang langsung ke Satuan Pendidikan yang menggunakan PPDB sistem daring. “Masyarakat juga bisa mengakses wifi di kantor Lurah dan kantor Camat,” katanya. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional