Seleksi Fasprov PKB Guru Madrasah Dilakukan secara Daring

Proses seleksi fasilitator daerah dengan wawancara secara daring.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan seleksi Fasilitator Provinsi (Fasprov) dan Fasilitator Daerah (Fasda) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Madrasah sudah memasuki tahap seleksi wawancara. Sebelumnya, para peserta yang mengikuti seleksi wawancara telah dinyatakan lulus seleksi berkas dan ujian/tes online. Sesuai dengan jadwal yang sudah ada seleksi wawancara fasprov dan fasda dilaksanakan mulai tanggal 7 -11 April 2021.

Kepala BidangPenmad Kanwil Kemenag Provinsi NTB, H. M. Ali Fikri , S.Ag, MM., menjelaskan proses wawancara peserta menggunakan metode daring. Dalam sesi wawancara tersebut ada beberapa pertanyaan yang diajukan kepada peserta, masing-masing peserta akan dinilai dari jawaban yang disampaikan.

Iklan

Selain Kabid Penmad, wawancara juga dilakukan oleh Kasi Guru, Kasi Kurikulum dan Kesiswaan dan Kasi Tenaga Kependidikan. Dalam hal ini, masing-masing pewawancara sudah ditentukan oleh sistem siapa saja yang akan diwawancarai. Dalam seleksi wawancara fasprov ini diikuti oleh 22 peserta, dari jumlah pendaftar sebanyak 41 orang yang terdiri dari unsur pengawas, kepala madrasah, dan guru madrasah.

Dikatakan Ali Fikri, untuk kabupaten dan kota se NTB pun melaksanakan seleksi wawancara fasdadi masingmasingKemenag Kabupaten dan Kota. Jumlah peserta yang mengikuti seleksi wawancara fasda sebanyak 126 orang dari jumlah pendaftar sebanyak 232 orang yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan tes online.

Sebagaimana diketahui bahwa salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru, Kepala Madrasah, dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui implementasi proyek RealizingEducation’sPromise: SupporttoIndonesia’sMinistryofReligiousAffairsforImprovedQualityofEducation (Madrasah EducationQualityReform) yang disingkat REP-MEQR. Yaitu sebuah program investasi SDM yang dikembangkan Kementerian Agama yang sumber pendanaannya melalui Bank Dunia (IBRD Loan No.8992-ID) dari tahun 2020 sampai dengan 2024.

Dalam rangka mencapai prioritas mutu pendidikan sebagaimana diatas, diperlukan rekrutmen Instruktur/fasilitator yang berkualitas. Pelatih tersebut, sesuai dengan ketentuan pedoman PKB Guru, disebut dengan Instruktur Nasional (IN) merupakan Instruktur yang direkrut di tingkat nasional untuk disiapkan menjadi instruktur bagi pelatihan fasilitator provinsi.

Fasilitator Provinsi (Fasprov) merupakan kumpulan guru-guru terbaik yang direkrut oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi untuk disiapkan menjadi pelatih pada pelatihan FasdaPKB Guru Madrasah dan Fasda Kabupaten/Kota merupakan kumpulan guru-guru terbaik yang direkrut oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk disiapkan menjadi fasilitator atau narasumber kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guru di KKG/MGMP/MGBK tingkat kabupaten/kota.

Melalui rekrutmen para instruktur/fasilitator, diharapkan mampu mendorong KKG/MGMP/MGBK sebagai komunitas belajar bagi guru-guru madrasah untuk melaksanakan PKB. Untuk menjamin mutu penyelenggaraan PKB guru di KKG/MGMP/MGBK, para fasilitator pada kelompok kerja ditunjuk sebagai pihak yang melakukan fasilitasi dan pendampingan pada pelaksanaan PKB guru. (dys)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional