Seleksi CPNS, Pelaksanaan SKB di Mataram Ditunda

Baiq Nelly Kusumawati (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Mataram ditunda. Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum memvalidasi hasil seleksi kompetensi dasar (SKD). Penetapan jadwal menunggu panitia seleksi nasional.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati ditemui pada Jumat, 19 November 2021 membenarkan, penundaan pelaksanaan SKB dari jadwal sebelumnya 25 – 26 November pekan depan. Penundaan ini karena belum ada kepastian validasi hasil SKD dari Panselnas Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Seharusnya sesuai jadwal kita mulai minggu depan kan. Tetapi hasil validasi masih menunggu dulu daerah lain selesai SKD,” jelas Nelly.

Iklan

Kepastian kapan waktu pelaksanaannya pun belum diketahui. Sejauh ini kata Nelly, belum ada informasi dari pemerintah pusat. Apalagi kasus di-hack nya soal SKD di beberapa daerah, sehingga menjadi polemik di nasional. “Ini memanng kasuistis tetapi berpengaruh ke daerah lain,” tandasnya.

Namun demikian, ia meyakini apabila SKB digelar di Kantor Unit Pengelolaan Teknis Badan Kepegawaian Negara terjamin keamanan dan kerahasian soal. Beda halnya dengan seleksi mandiri dinilai lebih gampang dibobol oleh oknum hacker. “Insya Allah, kalau di UPT BKN proteksinya sangat ketat,” ujarnya.

Seperti diketahui, jumlah pelamar yang memenuhi syarat untuk mengikuti tes SKD sebanyak 2.334 orang. Yang hadir SKD sebanyak 2.147 orang atau 92 persen. Sementara tidak hadir 187 orang. Dari total 2.147 orang yang mengikuti SKD sejumlah 1.184 orang atau 55,1 persen memenuhi nilai ambang batas. Sementara, 963 orang atau 44,9 persen tidak memenuhi nilai ambang batas.

Mantan Kepala Bagian Umum Setda Kota Mataram, ini memastikan bahwa SKB tidak sampai awal tahun. Diprediksi akhir tahun 2021 tuntas dan bisa segera diproses pengusulan pemberkasan dan lain sebagainya pada awal 2022 mendatang. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional