Seleksi CPNS, Nilai SKD Tertinggi Sementara 453

0
Petugas Kesehatan memeriksa surat keterangan negatif Covid-19 peserta sebelum masuk ke ruangan tes, Rabu, 29 September 2021. Nilai SKD tertinggi sementara 453 dan nilai terendah 211. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkup Pemkot Mataram memasuki hari ketiga pada Rabu, 29 September 2021. Nilai tertinggi peserta 453.  Perolehan nilai ini belum menjamin karena peserta kembali akan bersaing pada seleksi kompetensi bidang (SKB).

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Taufik Priyono menjelaskan, peserta secara langsung bisa mengetahui hasil SKD. Skornya langsung muncul usai menjawab soal. “Nilainya bisa langsung lihat dan muncul,” kata Yoyok, sapaan akrabnya dikonfirmasi, Rabu, 29 September 2021.

IKLAN

Selama dua hari pelaksanaan SKD, nilai tertinggi sementara 453 dan nilai terendah 211. Menurutnya, tinggi atau rendahnya perolehan nilai tergantung dari kesiapan peserta. Banyak peserta ini mengikuti bimbingan belajar khusus latihan menjawab soal penerimaan calon pegawai negeri. Selain itu, secara mandiri belajar melalui media sosial.

Faktor kebiasaan itu cukup mempengaruhi taatkala menjawab soal pada saat ujian. “Yang bagus nilainya ini banyak latihan menjawab soal. Karena terbiasa jadi santai,” terangnya.

Faktor lainnya adalah pengalaman mengikuti seleksi CPNS. Secara psikologis peserta yang terbiasa ikut seleksi akan berbeda dengan baru pertama kali mendaftar. Baru ikut harus beradaptasi dengan sistem, cara menjawab soal dan lain sebagainya. “Kalau yang sudah ikut sudah paham alur, ” tandasnya.

Untuk pelamar dengan nilai tertinggi belum menjamin posisinya aman. SKB akan diambil tiga peserta dengan nilai tertinggi. Ketiga peserta ini akan bersaing. Nilai SKD dan SKB akan diakumulasi. “Siapa yang nilai tertinggi dari SKD dan SKB itulah yang lulus jadi CPNS,” jelasnya.

Pelaksanaan SKB menunggu pengumuman hasil SKD oleh Badan Kepegawaian Negara. Rencananya SKB akan digelar di UPT BKN. (cem)