Seleksi CPNS Kota Mataram, SKB Dijadwalkan 26 Maret

Ilustrasi seleksi CPNS. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram telah memvalidasi hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) bersama Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pekan kemarin. Hasilnya tidak ada perbedaan. Seleksi kompetensi bidang (SKB) dijadwalkan digelar 26 Maret mendatang.

Kepala Bidang Pengembangan Aparatur pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, H. Ahmad Mujahiddin mengatakan, hasil validasi SKD dengan panselnas tidak ada masalah. Rekap pelamar lulus passing grade sama. Tetapi, nama – nama yang bakal mengikuti tahapan seleksi selanjutnya menunggu pengumuman dari pemerintah pusat.

Iklan

“Siapa yang lolos kita menunggu pengumuman dari panselnas,” kata Muja dikonfirmasi, Senin, 9 Maret 2020.

Validasi hasil SKD kabupaten/kota dan provinsi masih berlangsung di Jakarta. Kota Mataram paling cepat dan tidak ada permasalahan apapun. Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) secara nasional akan mengumumkan pada tanggal 23 Maret. Kemungkinan SKB akan digelar tiga hari setelah pengumuman tersebut.

“Pokoknya kita tiga hari setelah itu (pengumuman). Kemungkinan tanggal 26 – 27 Maret tes SKB,” sebutnya.

Jumlah pelamar yang berhak ikut SKB 621 orang. Muja menambahkan, banyak formasi yang tidak terisi terutama 21 guru kelas karena pendaftarnya tidak memenuhi nilai ambang batas. Formasi ini dapat diisi dari sekolah lain dengan formasi sama. Sebab, peserta seleksi tahun ini banyak yang memenuhi nilai ambang batas.

Sementara itu, satu formasi dengan dua kebutuhan CPNS tidak terisi. Hal ini disebabkan minim pelamar serta pelamar yang tes tidak memenuhi nilai ambang batas. “Pelaksanaan tesnya tetap di SMKN 3 Mataram,” sebutnya.

Teknis pelaksanaan SKB rencana akan digelar selama dua hari. Di sesi pertama pada 26 Maret sebanyak lima sesi dengan 500 peserta. Dan, dua sesi untuk hari kedua. Seperti diketahui, pelamar yang ikut tes SKD berjumlah 4.267 peserta. Yang memenuhi passing grade 2.185 orang dan tidak memenuhi passing grade 2.082 orang. Untuk nilai SKD tertinggi 430 dan nilai terendah 129. (cem)