Seleksi CPNS Kota Bima, 975 Lolos “Passing Grade”, Peserta SKB Hanya 519 Orang

M. Saleh. (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Peserta CPNS tahun 2019 yang lolos passing grade Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) beberapa waktu lalu, ternyata tidak semerta-merta langsung lolos dan bisa mengikuti tes Seleksi Kompentensi Bidang (SKB).

Seperti yang terjadi di Kota Bima, banyak peserta CPNS yang lolos passing grade namun tidak menjamin mereka bisa mengikuti tes SKB. Dari 975 peserta yang lolos hanya 519 yang mengikuti tes SKB.

Iklan

Demikian dikatakan Kepala Badan Kepegawaian, Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, Drs. M. Saleh, kepada Suara NTB, Rabu, 4 Maret 2020. “Ada 456 peserta CPNS Kota Bima 2019 lolos passing grade yang tidak bisa mengikuti tes SKB,” katanya.

Menurutnya, peserta yang diambil untuk mengikuti tes SKB merupakan yang masuk masuk tiga besar yang memiliki tertinggi. Mereka diambil berdasarkan hasil perangkingan. “Jadi yang diambil dari 1 formasi CPNS sebanyak tiga peserta yang memiliki nilai teratas,” katanya.

Saleh mengaku, untuk Kota Bima ada 175 formasi. Hanya saja dua formasi diantaranya, yakni formasi disabilitas untuk guru SD tidak terisi sehingga menjadi 173 formasi. “Jika diambil tiga peserta dalam satu formasi, maka yang bisa ikut SKB sebanyak 519 peserta,” ujarnya.

Meski begitu, Ia mengaku hingga kini pihaknya belum mengetahui tiga besar peserta yang akan mengikuti seleksi SKB tersebut lantaran belum mendapatkan surat pemberitahuan dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Nama-nama peserta yang masuk tiga besar Panselnas yang tahu. Sementara panitia lokal hanya menunggu pengumuman,” akunya. Saleh menambahkan, rencananya tes SKB dijadwalkan akan dilaksanakan pada Bulan Maret ini. Namun, Ia mengaku pihaknya belum mengetahui secara pasti jadwalnya.

“Nama-nama peserta yang mengikuti SKB hingga jadwal tes SKB, semuanya ditentukan oleh Panselnas,” pungkasnya. (uki)