Selama Juli, NTB Diguncang 372 Gempa

Aktivitas kegempaan di wilayah NTB dan sekitarnya selama Juli 2020. (Suara NTB/stageofmataram)

Mataram (Suara NTB) – BMKG Stasiun Geofisika Mataram mencatat 372 kejadian gempa bumi di NTB dan sekitarnya sepanjang Juli 2020. Didominasi oleh kejadian dengan magnitudo di bawah 3 dan kedalaman dangkal di bawah 60 Km. Dari 372 kejadian tersebut terdapat 5 gempa bumi yang dirasakan sekitar wilayah NTB.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi, S.Si, Sabtu, 1 Agustus 2020, mengatakan kejadian gempa bumi yang dirasakan di wilayah NTB dengan Intensitas III MMI terjadi sebanyak 4 kejadian. Dan gempa bumi yang dirasakan di wilayah Bali dengan Intensitas II-III MMI terjadi sebanyak satu kejadian.

Iklan

Terdapat 3 kejadian gempa bumi dirasakan di pulau Sumbawa yang merupakan gempa bumi dengan magnitudo antara 3 dan 5, satu kejadian gempa bumi dirasakan di pulau Lombok yang merupakan gempabumi dengan magnitudo antara 3 dan 5.
Dan satu kejadian gempa bumi dirasakan di pulau Bali dengan magnitudo antara 3 dan 5. Kejadian gempa bumi yang dirasakan di wilayah NTB dan sekitarnya ini, kata Ardhianto, tidak berpotensi tsunami.

Analisa gempabumi di wilayah NTB dan sekitarnya Bulan Juli 2020 dikelompokkan menjadi 3 bagian. Yaitu gempa bumi berdasarkan magnitudo, frekuensi kejadian dan kedalaman tiap kejadian gempa bumi.

Berdasarkan frekuensi kejadian gempa bumi pada bulan Juli 2020, kejadian terbanyak pada tanggal 22 dan 31 Juli 2020 sejumlah 20 kejadian. Berdasarkan besar magnitudonya gempa dengan magnitudo 3 sebanyak 243 kejadian, gempa dengan magnitudo antara 3 dan 5 sebanyak 129 kejadian. Sedangkan gempa dengan magnitudo di atas tidak ada.

Berdasarkan kedalaman, kata Ardhianto, gempa bumi dengan kedalaman di bawah 60 km sebanyak 311 kejadian, gempa bumi dengan kedalaman antara 60 – 300 Km sebanyak 61 kejadian. (nas)

  Investor Malaysia akan Bangun Pabrik Pakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here