Selam Andalkan Satu Atlet di PON

Atlet selam NTB, Muhammad Rojiman (kanan) berpose bersama pelatih selam PON NTB Gemilang, Emon Sulaeman.(Suara NTB/fan)

Mataram (Suara NTB) – Cabang olahraga hanya meloloskan satu atlet di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2021. Satu-satunya atlet yang diandalkan oleh pengurus cabang olahraga selam di ajang multi event olahraga nasional itu adalah Muhammad Rojiman.

Pelatih Selam Pelatda PON NTB Gemilang, Emon Sulaeman yang dihubungi Suara NTB di Mataram, Senin, 21 Juni 2021 mengatakan atlet selam NTB lolos PON XX/2021dengan peringkat 9 besar melalui  Pra-PON di Situbondo, Jawa Timur (Jatim) tahun 2019. Meski lolos dengan peringkat sembilan besar, namun kemampuan  atlet selam NTB tak bisa diremehkan. Pasalnya  masih ada atlet yang lolos PON dengan peringkat 10 besar hingga peringkat 15 dari 33 peserta yang ambil bagian di ajang Prakualifikasi PON 2019

Iklan

“Atlet selam NTB lolos PON dengan peringkat sembilan besar nasional. Itu artinya NTB masuk peringkat 9 besar dari 33 atlet asal 34 provinsi yang ikut serta di nomor OBA (orientasi bawah air),” ucapnya.

Menurut Emon, masuk peringkat sembilan besar  di Pra-PON  sangat diperhitungkan di kancah nasional. Pasalnya kemampuan atlet NTB tidak beda jauh dari kemampuan atlet peraih medali emas, perak maupun peraih medali perunggu di Pra-PON 2019, hanya saja dibutuhkan persiapan yang matang untuk bisa meraih hasil maksimal di event tersebut.

Diakui Emon, persiapan atlet NTB menghadapi PON XX di Papua tahun 2021 jauh lebih baik dibanding Pra-PON tahu 2019.  Bila di Pra-PON tahun 2019  atlet NTB tak banyak melakukan persiapan. Persiapan mereka tidak lebih dari tiga bulan, namun berhasil meriah peringkat 9 besar nasional.

Sementara menatap PON di Papua tahun 2021, persiapan atlet selam NTB tanpa batas. Meski di situasi Pandemi COVID-19 tahun 2020 hingga saat ini, namun atlet selam NTB tetap latihan  secara maksimal di kawasan Wisata Senggigi Lombok Barat (Lobar). Apalagi dengan adanya program Pelatda PON NTB Gemilang persiapan atlet selam NTB jauh lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Emon, lewat program Pelatda PON NTB Gemilang tahun 2021, ia optimis atletnya dapat meningkatkan prestasi di PON XX di Papua tahun 2021. Targetnya adalah meningkatkan prestasi. Bila sebelumnya meraih peringkat 9 besar, Emon berharap atlet selam NTB bisa meraih peringkat lima besar, dan kalau bisa membawa pulang medali emas. (fan)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional