Selain MotoGP 2021, Uang Belasan Triliun Juga Mengalir ke Mandalika Lombok

Ilustrasi MotoGP (maxpixel)

Mataram (Suara NTB) – Menjawab keraguan masyarakat mengenai pembangunan sirkuit Mandalika, Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer mengatakan ITDC telah memberikan bukti.

Selain telah meneken kontrak penyelenggaraan MotoGP, saat ini Kawasan Mandalika juga telah dan akan terus menjadi ladang perputaran uang dalam jumlah fantastis.

Iklan

Abdulbar menyebutkan, investasi yang sudah masuk di KEK Mandalika sekitar Rp17 triliun. Investasi terbesar dari Vinci mencapai Rp13,5 triliun yang akan dilakukan secara bertahap selama 15 tahun.

Selain itu, investasi lain berupa pembangunan tujuh hotel dan lapangan golf sekitar Rp3 triliun lebih.

Sejak menjadi Dirut ITDC pada 2016 lalu, Abdulbar mengatakan mulai 2017 sudah mulai dilakukan pembangunan fasilitas di KEK Mandalika berupa pembangunan masjid. Kemudian kawasan Pantai Kuta ditata. Sehingga menjadi lebih cantik dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Selain itu, sebanyak 300 unit kios untuk UMKM dibangun di dalam KEK Mandalika. Serta pembangunan jalan sepanjang  11 Km. Kemudian, ITDC juga baru saja mendapatkan pembiayaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) sebesar Rp3,6 triliun. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak mempercepat pembangunan KEK Mandalika. (nas)