Sekretaris Dikes Dompu Positif Covid-19

M. Jufri. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Dompu, Maman, S.Km, MMKes terkonfirmasi positif Covid-19. Hal itu berdasarkan hasil pengujian swab Laboraturium Tehnopark Sumbawa pada Senin 21 Desember malam. Kendati sudah menjalani isolasi mandiri di rumah selama sepekan, pasien masih harus menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Dompu, M. Jufri, ST., M. Si dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 22 Desember 2020 membenarkan salah seorang anggota tim percepatan penanganan virus berbahaya tersebut terpapar Covid-19. “Dia bukan reaktif lagi tapi sudah dinyatakan positif. Sekarang sedang melakukan isolasi di rumah sakit umum,” terangnya.

Belum diketahui pasti pasien terpapar dari klaster mana, tetapi yang jelas telah dinyatakan positif berdasarkan rilis laboraturium pengujian swab di Sumbawa.

Keluarga satu rumah pasien dan jajaran Dikes, disadarinya sangat potensial tertular. Namun mengingat intansi tersebut merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19, ia meyakini mereka sudah melakukan penanggulangan dengan penyemprotan cairan disinfektan, termasuk upaya kontak trancing terhadap para pihak yang memiliki riwayat kontak langsung. “Kalau dari tim Covid-19 pasti kita lakukan swab untuk keluarga pasien,” tegasnya.

Mengingat adanya kesadaran pasien untuk isolasi mandiri sebelum hasil swab dikeluarkan, baginya cukup menjadi alasan tidak menutup pelayanan di intansi tersebut. Apalagi sekretaris tersebut merupakan orang yang sudah paham betul pola penanganan dan gentol membantunya dalam menanggulangi virus berbahaya dan mematikan ini. “Kebijakan penutupan pelayanan tidak ada. Diakan sudah lakukan isolasi mandiri, apalagi Pak Maman ini orang yang paham betul bagaimana protokoler yang harus dilakukan berkaitan dengan Covid-19,” pungkasnya. (jun)