Sekotong Surga bagi Pecinta Paralayang Lokal hingga Luar Negeri

Giri Menang (Suara NTB) – Lombok Barat (Lobar) tidak saja memiliki potensi wisata alam, pantai, gunung dan wisata religi, namun potensi wisata olahraga (sport tourism) Paralayang atau paragliding juga sangat menjanjikan.

Beberapa lokasi wisata paralayang yang dimiliki Lobar di antaranya di Sekotong dan Lembar serta daerah lain. Bahkan spot wisata paralayang di Sekotong, seperti Meang Desa Buwun Mas menjadi surga bagi atlet paralayang baik dari lokal hingga luar negeri.

Iklan

Banyak atlet paralayang lokal dan luar negeri yang telah menjajal spot wisata di kawasan selatan Lobar ini. Namun sayang, potensi wisata paralayang ini belum digarap maksimal oleh pemangku kebijakan di daerah ini.

Paragliding yang tergabung dalam Federasi Aerosport Seluruh Indonesia (FASI) NTB pada perayaan HUT RI menggelar atraksi paralayang di Meang Buwun Mas Sekotong. Beberapa atlet paralayang lokal maupun luar negeri turut ambil bagian pada atraksi ini.

Abdul Majid seorang pelaku wisata di Desa Buwun Mas menyebut, sebanyak 10 pilot paralayang ikut menjajal lokasi ini. “Tujuh pilot paralayang (paragliding) dari Lombok-Sumbawa dan tiga orang dari luar negeri unjuk kebolehan menjajal spot wisata Meang Buwun Mas,” jelas ketua Jaringan Komunitas Masyarakat (Jarkomsat) NTB ini.

Menurutnya, waktu yang cocok melakukan penerbangan mulai pukul 10-13.00 Wita. Waktu-waktu ini jelasnya memiliki cuaca yang cocok bagi pilot untuk melakukan penerbangan.

Menurutnya spot olahraga paralayang di Meang merupakan favorit bagi para pilot, baik lokal maupun luar negeri, karena spot ini selain memiliki keindahan yang sangat memikat juga begitu unik aksesnya. Keindahan pantai dan pegunungan di Meang ini memikat banyak pilot paralayang, sehingga lokasi ini telah dijajal. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional