Sekotong Punya Banyak Wisata Bawah Laut yang Indah

Spot wisata bawahlaut yang dimiliki  Sekotong Lobar ini sangat indah. Namun sayang minim dipromosikan.(Suara NTB/P3LS)

Giri Menang (Suara NTB) – Selain memiliki wisata pantai, pegunungan air terjun, dan desa wisata yang menawan.  Sekotong Lombok Barat (Lobar) juga memiliki banyak varian wisata lainnya. Salah satunya, wisata alam bawah laut yang tak kalah indahnya. Hampir di 23 Gili (pulau) di daerah Lobar bagian selatan itu, memiliki wisata bahari yang sangat indah. Namun sayang, wisata bawah laut ini kurang dieksplore dan dipromosikan, sehingga wisatawan hanya berkunjung ke itu-itu saja.

Komunitas P3LS (Penyelam Profesional Pulau Lombok Sumbawa) Fandi Abdul Rahman mengatakan spot wisata bawah laut yang dimiliki Sekotong sangat luas tersebar di banyak titik. Kondisi terumbu karangnya pun baik soft coral dan hard coral masih sehat.  “Wisata bawah laut terumbu karang di Sekotong sangat banyak dan luas. Kondisinya pun masih sehat,”terang pria yang akrab disapa Fandy Bacox ini.

Iklan

Hanya saja pihaknya ingin menambahkan terumbu karang ini dengan melakukan transplantasi atau penanaman lagi. Selain untuk memperluas dan menambah objek-objek titik snorkeling maupun diving. Dan juga menjaga keberlangsungan dari terumbu karang dan biota laut.

Ditegaskannya, banyak pilihan wisata bawah laut di daerah itu, sehingga mau kemana pun disuguhkan dengan pemandangan alam bawah laut yang indah. Apalagi sudah mencapai kedalaman tertentu. Di 23 Gili yang ada di Sekotong, tambahnya, ada wisata bawah lautnya dan rata-rata spot wisata bawah laut yang banyak di kawasan itu adalah jenis spot terumbu karang dan berbagai jenis biota laut lainnya.  “Di masing-masing Gili punya spot wisata bawah laut,”ujarnya.

 Hanya saja yang sering dieksplore di beberapa Gili saja, seperti Gili Rengit, Gili Layar, Gili Anyaran dan Gili Gede. Sedangkan banyak spot wisata bawah belum banyak dieksplore dan dipromosikan, seperti di kawasan ujung Gili Gede. Selain itu di Gili Poh, memiliki wisata bawah laut yang cantik. Namun jarang diketahui karena jarang dipromosikan.

Diakui kendala yang dihadapi paket wisata yang kurang pas, sehingga  perlu intervensi pemerintah untuk membantu mempromosikan dan mengemas paket wisata ini, karena terkadang boatman dan pemandu wisata sebagai ujung tombak, hanya menjual titik wisata itu-itu saja. Sehingga di sini perlu peranan Pemda agar para pemandu dan boatman ini dibekali informasi spot wisata bawah laut di kawasan ini agar bisa dijual semua ke pengunjung.

 Sementara itu, Abu Bakar Abdullah anggota DPRD Lobar memfasilitasi penanaman terumbu karang di laut Sekotong untuk melestarikan bawah laut. Karena diakui bicara pariwisata harus bicara pembangunan jangka panjang. Tidak bicara sehari atau dua hari, sehingga pembangunan harus diletakkan pada pondasi yang benar.

Apalagi luas wilayah Sekotong ini 529 meter persegi, ditambah lagi Lembar. Dari puncak gunung sampai dasar laut itu punya protensi luar biasa. “Ada emas di darat dalam bentuk aslinya, namun emas yang jauh lebih berharga di dasar laut (terumbu karang wisata bawah laut) yang bisa menjamin kehidupan sampai generasi berikutnya,” ujarnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional