Sekolah Sambut Baik Program Satu Anak-Satu Pohon

0
H. Moch. Fatkoer Rohman (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB mencanangkan program satu anak-satu pohon di tahun 2022 ini. Pihak sekolah menyambut baik rencana tersebut dan mengharapkan penghijauan di sekolah juga bisa terwujud.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Lombok Utara, H. Moch. Fatkoer Rohman mengatakan, ia menyambut baik salah satu program Dinas Dikbud NTB di tahun 2022 yaitu satu anak-satu pohon atau one student-one tree. Saya pikir itu bagus sesuai dengan visi NTB Gemilang,” ujarnya.

IKLAN

Program tersebut sebagai bagian dari mendukung visi NTB Hijau. Menurut Fatkoer, NTB Hijau tersebut merupakan bagian dari pembelajaran penanaman karakter mencintai lingkungan dan karakter gotong royong yang merupakan profil pelajar pancasila. “Saya melihat di sekolah saya sendiri juga tanaman masih kurang banyak. Syukur-syukur penanamannya juga di sekolah,” harap Faktoer yang juga Kepala SMAN 1 Kayangan ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., menjelaskan, terkait kebijakan dari Dikbud yaitu Jejak Alumni dan one student one tree.

‘’Jadi satu siswa akan meninggalkan jejak satu pohon di setiap sekolah yang nantinya kami khususkan kepada anak yang akan tamat pada bulan April. Nanti kita akan kerja sama dengan LHK dan kita akan hijaukan NTB,’’ ujar Kadis Dikbud NTB.

Aidy juga menyampaikan, program ini merupakan bagian dari strategi the power of 4P (profil, penampilan, pelayanan, dan prestasi), terutama dari sisi penampilan. Penampilan sekolah merupakan cerminan citra diri sekolah yang dinilai secara langsung oleh masyarakat. (ron)