Sekolah Rayakan Hari Bumi Melalui Pengolahan Sampah

Guru dan siswa SMAN 2 Sumbawa Besar melakukan pengolahan sampah menjadi kompos dan pupuk cair dalam rangka merayakan Hari Bumi 2021.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 2 Sumbawa Besar melakukan pengolahan sampah menjadi kompos dan pupuk cair. Hal itu dilaukan dalam rangka merayakan Hari Bumi 2021 yang diperingati pada 22 April. Di samping itu untuk mendukung program zero waste  khususnya di lingkungan sekolah.

Kepala SMAN 2 Sumbawa Besar, Sahyuddin, S.Pd., MA.TESOL., bersama pembina program zero waste sekolah, Syamsul Hadi, S.Pd., mengatakan, melalui peringatan Hari Bumi diharapkan sekolah dapat menjadi pelopor dalam rangka membangun kesadaran kolektif, khususnya warga sekolah untuk menjaga lingkungan sekolah tetap terawat dan bersih.

Iklan

Sahyuddin menjelaskan, khusus untuk program zero waste yang merupakan salah satu program prioritas pemerintah provinsi Nusa Tenggara Barat yaitu NTB Sehat dan  Cerdas, SMA Negeri 2 Sumbawa Besar telah melaksanakan berbagai program untuk mengurangi dan memanfaatkan sampah di lingkungan sekolah.

“Baik sampah organik maupun non-organik, seperti pemamfaatan sampah plastik menjadi produk kerajinan tangan dan pengolahan sampah organik menjadi kompos dan pupuk cair,” ujar Sahyudiin melalui keterangan yang diterima Suara NTB, Senin, 26 April 2021.

Sebelumnya Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd., mengatakan, di antara program yang terlaksana di sekolah, salah satunya  program sekolah bersih dan sehat melalui program zero waste telah terlaksana di sejumlah sekolah. Sekolah bersih dan sehat diluncurkan pada awal tahun 2020 lalu. Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah yang meluncurkan gerakan itu meminta agar sekolah di Provinsi NTB menciptakan lingkungan yang hijau, bersih, dan sehat melalui aksi zero waste atau bebas sampah. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional