Sekolah Pariwisata di NTB akan Diperbanyak

Mataram (suarantb.com) – Sesuai dengan gelar Lombok sebagai destinasi wisata halal dunia, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB,H. M. Suruji menyatakan di masa mendatang jumlah sekolah pariwisata akan terus ditambah.

“Ke depannya di setiap kabupaten/kota akan diperbanyak, termasuk sekolah swasta juga. Tapi untuk saat ini jumlah sekolah pariwisata saya belum ada tahu jumlahnya,” ujarnya, Selasa, 14 Maret 2017.

Iklan

Jika di satu kabupaten telah ada sekolah pariwisata milik pemerintah, yang mempunyai fasilitas lengkap, kemudian masih dibutuhkan sekolah lagi, maka swasta bisa membuka.

“Swasta bisa membuka sekolah lagi di sana. Fasilitas yang dimiliki sekolah negeri itu nanti bisa digunakan bersama, misalnya untuk praktik perhotelan dan segala macamnya itu,” katanya.

Selain memperbanyak sekolah pariwisata, Suruji menyampaikan jika ada rencana membangun sekolah, ia menganjurkan agar yang dibangun adalah SMK.

“Jangan lagi ada orang mendirikan SMA, kalau memang ingin mendirikan sekolah menengah, dirikanlah SMK,” ucapnya.

Menurut Suruji peraturan tentang jumlah rasio perbandingan jumlah SMK dan SMA di daerah sebesar 60:40 masih terbilang kurang. Seharusnya jumlahnya bisa ditambah, sehingga jumlah SMK di NTB bertambah.

“Tapi nanti kita harus telaah dengan kondisi yang lebih objektif. Ketika orang ingin membangun sekolah di satu kecamatan, kita cek dulu kecamatan itu masih dibutuhkan ndak sekolah,” lanjutnya. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here