Sekitar Tujuh PMI Pulang ke Sumbawa Setiap Pekan

H. Muhammad Ikhsan Safitri. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dalam masa pandemi covid-19 ini, tidak sedikit Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Sumbawa yang pulang ke kampung halaman. Setiap pekannya, terdapat sekitar 7 sampai 8 orang yang terdata Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat. Kepulangan mereka dipastikan tetap dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan Safitri membenarkan hal tersebut. Para PMI ini pulang karena masa kontraknya di negara penempatan sudah habis. “Kita seperti biasa hampir setiap hari ada kepulangan PMI yang habis kontrak. Setiap pekan 7 sampai 8 orang.  Pekan kemarin ada yang 12 orang,” ungkapnya.

Iklan

Dijelaskannya, proses pemulangan PMI ini tetap dengan penerapan protokol kesehatan. Mulai saat pulangnya dari negara penempatan hingga tiba di tanah air. Setibanya di kampung halaman juga menjalankan isolasi mandiri. “Jadi mereka pulang tentu dengan standar covid-19. Sebelum pulang mereka sudah dilakukan pemeriksaan di negara penempatan. Sampai di Jakarta mereka juga di rapid test. Kemudian setibanya di sini (Sumbawa red) dilakukan isolasi mandiri. Seperti itu standarnya karena kita sedang pandemi. Alhamdulillah sepanjang yang kami tahu, kami pantau kepulangan PMI ini tidak ada yang bermasalah dalam arti misalnya covid,” bebernya.

Para PMI ini, lanjut H. Ikhsan, sebelumnya bekerja di negara Asia Pasifik dan Timur Tengah. Beberapa diantaranya khususnya yang dari Timur Tengah, diindikasikan berangkat melalui jalur non prosedural. Karena waktu keberangkatan di seputaran tahun 2018 dan 2019, di mana  saat itu sedang moratorium. Sehingga pihaknya tetap mengimbau masyarakat yang berniat  bekerja ke luar negeri agar berangkat secara prosedural. “Yang seperti itu selalu saja kami menghimbau kepada masyarakat, agar tidak mudah tergoda bujuk rayu dari oknum-oknum yang ingin memberangkatkan misalnya ke Saudi, Kuwait, bahkan ke Surya. Bukan saja negara terlarang, tapi juga negara konflik,” tandasnya.(ind)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional