Sekda Tindak Tegas Oknum Pegawai yang “Bermain” di Pasar Seketeng

H. Hasan Basri. (Suara NTB/dok)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sekda Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M menyarankan semua pihak untuk melaporkan jika terdapat oknum pegawai yang bermain terkait penempatan pedagang di Pasar Seketeng. Pihaknya akan memberikan tindakan tegas kepada oknum tersebut jika terbukti sesuai dengan yang dilaporkan.

“Kalau ada ditemukan oknum yang bermain di lapangan silahkan dilaporkan. Umpamanya ada pegawai Bapenda jual lapak, besok langsung kita tindak. Kalau ada oknum silahkan dibuktikan, kita akan ambil tindakan tegas,” tegas Sekda kepada wartawan, Rabu, 7 April 2021.

Iklan

Menurutnya, sebelumnya pihaknya sudah melakukan pertemuan terkait penempatan pedagang di Pasar Seketeng. Berdasarkan hasil pertemuan, para pedagang yang diundi adalah pedagang lama yang memiliki kontrak dan kartu serta membayar retribusi selama ini.  Itu yang diutamakan. Sedangkan bagi masyarakat yang berkeinginan untuk berjualan (pedagang baru), dipersilahkan untuk mengajukan permohonan. Jika masih terdapat sisa tempat, maka tim akan melakukan seleksi. “Yang boleh dapat undian itu adalah mereka yang pedagang lama, ada kontrak, ada kartu, membayar retribusi selama ini. Jadi empat hal itu yang diutamakan.  Soal ada yang bekeinginan kerena pasar ini bagus, silahkan ajukan permohonan. Kalau ada sisa baru kita pertimbangkan oleh tim untuk diseleksi,” bebernya.

Nantinya, sebut Sekda, tim akan melakukan evaluasi untuk mengecek pedagang yang berjualan. Jika ditemukan adanya pedagang yang tidak sesuai dengan pedagang yang sudah berkontrak, maka pihaknya akan mencabut lapak ataupun kios yang ditempati. “Kalau ada yang jual lapak, maka ada tim penertiban, Pol PP, Polri, TNI, Perhubungan dan lainnya. Tim nanti akan melihat yang sudah diundi. Kalau lain yang berjualan, kita akan tarik kuncinya,” terangnya.

Pemerintah, lanjutnya, sudah transparan melakukan undian terhadap para pedagang. Sehingga lokasi lapak ataupun kios yang ditempati pedagang sesuai dengan yang telah diundi. Pihaknya juga telah melakukan pertemuan dengan tim terkait dengan persiapan operasional Pasar Seketeng. “Tadi kita rapat terkait dengan rencana bahwa nanti tanggal 10 April Pasar Seketeng akan mulai operasi setelah selesai pengundian. Tadi kita minta kesiapan Dinas LH untuk penempatan kontainer untuk kebersihan pasar. Dinas LH akan segera menempatkan tiga kontainer untuk sampah. Kedua terkait dengan kesiapan Perhubungan mengatur untuk tempat parkir pintu masuk dan keluar. Lebih kepada persiapan untuk operasional,” pungkasnya. (ind)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional