Sekda Minta Semua Pihak Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

H. Hasan Basri. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M meminta kepada semua pihak agar tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19. Karena diyakini upaya ini sebagai cara untuk menghentikan penyebaran covid-19.

“Tidak ada cara lain untuk menghentikan penyebaran covid ini kecuali dengan semua masyarakat disiplin menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan,” ujar Sekda saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 20 Oktober 2020.

Iklan

Dipaparkannya, berdasarkan data hingga 19 Oktober, jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Sumbawa mencapai 225 kasus. Dari jumlah ini 199 orang sudah sembuh, 13 orang meninggal dunia dan 13 orang masih positif.

Rinciannya 5 orang dirawat di Sumbawa dan 8 orang dirawat di Mataram. “13 yang masih positif ini, 8 yang di Mataram. Mereka ini adalah anak-anak kita yang sekolah di Mataram. Sisanya 5 di Sumbawa,” ungkapnya.

Dari kondisi yang ada, lanjut Sekda, diperlukan dukungan seluruh masyarakat untuk mengikuti protokol covid-19. Terlebih sekarang sedang dilakukan penilaian dari provinsi terkait Kampung Sehat. Diharapkan apa yang sudah diterapkan oleh desa atau kelurahan yang dinilai, bisa diikuti oleh desa yang lainnya. Artinya seluruh masyarakat dapat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Operasi yustisi juga tetap berlanjut. Cuma sekarang tidak setiap hari. Kalau sebelumnya setiap hari, sekarang mungkin dua atau tiga kali dalam seminggu. Ini dalam rangka supaya masyarakat itu bisa disiplin,”pungkasnya. (ind)