Sekda Akui Pers Punya Peran Penting

Sekda  Lotim. H. M. Juaini Taofik bersama Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (PKP) Setda Lotim, Iswan Rakhmadi saat bersilaturahmi dengan insan pers, Rabu, 26 Februari 2020. (Suara NTB/rus)

Selong (Suara NTB) – Pers diakui memiliki peranan penting dalam pembangunan. Pers bahkan disebut sebagai katalisator dan dinamisator dalam pembangunan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H. M. Juaini Taufik saat bersilaturahmi dengan insan pers Lotim, Rabu, 26 Februari 2020.

Iklan

Sekda yang baru sepekan menjabat ini, menegaskan, jika semua pejabat harus dekat dengan pers. Pers, ujarnya, bukanlah orang yang harus ditakuti. ‘’Orang yang takut dengan pers itu kuat dugaan kalau ada kesalahan,’’ ungkapnya.

Menurutnya, semakin banyak kegiatan terpublikasi melalui media, maka semakin banyak orang yang tahu. Dengan demikian, semakin semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Sementara sebagai sekda, mantan Kepala BPKAD Lotim ini mengaku tantangan menata birokrasi cukup berat. Terlebih di tengah era perubahan sekarang ini. Apalagi, Lotim dengan jumlah penduduk yang luas dan angka kemiskinan yang besar memiliki anggaran yang terbatas. Meski demikian, pengganti H. Rahman Farly ini menyatakan tidak ingin menggunakan pola pikir alasan terbatas tersebut.

Dalam hal ini, pihaknya menekankan dengan kebersamaan akan bisa mengatasi semua persoalan. “Kita tidak mau gunakan mindset terbatas, karena pasti akan terjadi keterbatasan. Seperti alasan keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Lotim. Karena di mana saja, termasuk di DKI Jakarta sekalipun dengan APBD besar tetap juga memiliki keterbatasan,’’ ujarnya.

Kepada para pejabat lingkup Pemkab Lotim, Sekda menekankan agar semua mengedepankan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Pajabat harus bekerja secara ideal dengan memberikan pelayanan cepat dan tetap mengedepankan ketelitian dan akuntabiltas sesuai aturan yang berlaku. (rus)