Sekadar Kerjakan Program, Bupati Lobar Sorot Kinerja Kepala OPD

Hj. Nurul Adha (Suara NTB/her), H. Fauzan Khalid (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid menyoroti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang sekadar bekerja mengacu program yang direncanakan tertulis semata. Tanpa mencari kreativitas, dan inovasi lain di luar yang sudah direncanakan, sehingga memperoleh hasil yang bisa dirasakan.

Bupati mencontohkan, program ijo nol dedoro yang dicanangkan Pemda. “Ada program-program Tertulis, tapi harus ada kreativitas di luar program tertulis itu. Bila perlu program itu bisa mengunggah kesadaran masyarakat,” sindirnya, Kamis, 21 Januari 2021.

Iklan

Selain itu, lanjut bupati dalam upaya meningkatkan IPM. Kaitannya dengan tingkat rata-rata lama sekolah yang masih rendah.  Menurutnya kalau mengejar rata-rata lama sekolah hanya berdasarkan program, maka tidak mungkin bisa dikejar ketertinggalan, karena itu ia telah meminta Dinas Dikbud untuk membuat semacam Peraturan Bupati khusus yang mewajibkan guru negeri untuk membina satu atau orang yang putus sekolah, sehingga bisa melanjutkan pendidikan paket A, B atau C. Nantinya guru ini akan diberikan reward.

Sementara itu, wakil ketua DPRD Hj Nurul Adha mengkritisi beberapa langkah yang dilakukan OPD, seperti dalam penanganan kebersihan di kawasan wisata. Menurutnya, dalam menjaga kebersihan itu bukan berarti Dinas Pariwisata turun setiap pekan. Namun perlu ada sistem yang terkoordinasi untuk tetap menjaga kebersihan di kawasan wisata tersebut. “Tapi bagaimana diharapkan ada sistem yang biasa menciptakan daerah wisata menjadi bersih,” kritiknya.

Menurut politis PKS ini, tidak mungkin kebersihan itu bisa dipelihara kalau tidak ada kesadaran masyarakat yang digugah. Di sinilah yang dimaksud, perlu sistem yang bekerja. Namun demikian ia sangat mengapresiasi upaya Dispar melakukan kerja bakti setiap akhir pekan di daerah wisata. Bahkan konsisten dilakukan sampai saat ini. “Tapi yang kita harapkan perlu ada sistem yang bekerja,”imbuh Ketua PKS Lobar ini. (her)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional