Sejumlah Titik Kawasan HKm Gunung Sasak Terbakar

Kawasan HKm Gunung Sasak di Desa Kuripan terbakar, Kamis, 9 September 2021. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Kebakaran kembali terjadi di Lombok Barat (Lobar). Kali ini kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) yang berada di Gunung Sasak Dusun Monto Desa Kuripan yang dilalap si jago merah, Kamis, 9 September 2021 sekitar pukul 20.15 Wita. Untungnya api berhasil dipadamkan sehingga tidak sampai meluas dan menjalar ke pemukiman warga di sekitar kawasan itu.

Informasi yang diperoleh dari Kepala Desa Kuripan Hasbi bahwa kebakaran terjadi di lahan HKm yang tak digarap warga. Lokasinya jauh dari pemukiman warga. “Kejadiannya pukul 20.00 wita, penyebab Kebakaran belum tahu. Kalau menempati lahan itu perempuan, di sana ndak ada tanaman. Kalau orang lepas rokok ndak mungkin juga, masak sampai sana merokok.Lahan yang terbakar itu HKm Gunung Sasak,” jelasnya, Jumat, 10 September 2021.

Iklan

Penanganan kebakaran langsung diterjunkan tiga armada, sehingga bisa dipadamkan sekitar satu jam lebih. Kalau penanganan terlambat, kata dia, maka akan merembet dan meluas. Ia menambahkan di desanya terdapat 300 hektare HKm yang dikelola warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Lobar Sahlan mengatakan kebakaran terjadi di tiga titik, namun tidak terlalu besar. “Untungnya bisa cepat ditangani. Kalau terlambat bisa meluas,”  ungkapnya.

Lokasi yang terbakar, kata dia, di kaki gunung sehingga penanganan bisa cepat ditangani. Kebakaran bisa ditangani 40 menit dan pendinginan 30 menit dilanjutkan observasi 20 menit.

Ia menambahkan tren kejadian kebakaran di wilayah Lobar meningkat selama pandemi ini. Hingga saat ini, 37 kejadian kebakaran yang ditangani oleh pihak Dinas Damkar. “Kejadian kebakaran 39 kasus, nambah satu ini jadi 40. Memang meningkat dengan kondisi kemarau ini,” ujarnya.  Ia berharap kejadian kebakaran ini tidak melampaui tahun lalu. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional