Sejumlah SMP Negeri Harapkan Kuota Terpenuhi pada Hari Terakhir Jalur Zonasi

Suasana pelaksanaan PPDB di SMPN 14 Mataram. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah SMP negeri di Kota Mataram mengharapkan kuota siswa baru bisa terpenuhi di hari terakhir Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jalur zonasi, pada Sabtu, 27 Juni 2020. PPDB jalur zonasi dibuka sejak Senin, 22 Juni 2020, dan akan diumumkan pada Senin, 29 Juni 2020. Sampai dengan Jumat, 26 Juni 2020, masih ada SMP yang kuota siswa baru belum terpenuhi.

Kepala SMPN 5 Mataram, H. Muhamad Ali, pada Jumat, 26 Juni 2020 mengatakan, jumlah pendaftar jalur zonasi sampai dengan kemarin sebanyak 192 orang, sedangkan siswa yang daftar dari jalur lainnya sebanyak 50 orang. Kuota keseluruhan di SMPN 5 Mataram sebanyak sembilan rombongan belajar (rombel) atau 288 orang. “Targetnya satu rombel berisikan 32 orang, kalau jumlah yang ada saat ini (kemarin, red), tiap rombel cuma 28, masih kurang,” katanya.

Iklan

Menurutnya, masih ada satu hari lagi PPDB Jalur Zonasi. Ia mengharapkan pada hari terakhir ini, kuota keseluruhan itu bisa terpenuhi. Dibandingkan tahun lalu, jumlah pendaftar sampai dengan kemarin mengalami penurunan. “Pendaftar tahun lalu memang lebih banyak, sekarang ini menurun,” katanya.

Ia juga menyampaikan, pendaftar di SMPN 5 Mataram lebih banyak secara luring. Pihaknya menyediakan pendaftaran langsung di sekolah, tapi dibatasi hanya sampai 100 orang. “Kami pakai nomor antrean, kami batasi 100 orang setiap hari, dijaga juga oleh aparat keamanan,” katanya.

Ia berharap kuota siswa baru sebanyak sembilan rombel bisa terpenuhi. “Harapannya, kalau SMPN 5 Mataram bisa memenuhi target sembilan rombel dengan siswa sebanyak 32 orang per rombel,” katanya.

Terpisah, Kepala SMPN 14 Mataram, Chamim Tohari, mengakui pelaksanaan PPDB di SMPN 14 Mataram berjalan lancar. “Insya Allah kuota yang disediakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram bisa terpenuhi,”katanya.

  Kuatkan Ekonomi Kerakyatan di Tengah Pandemi, STIE AMM akan Gelar KKN Tahun Akademik 2019/2020

Menurut Chamim, masyarakat antusias mendaftar di SMPN 14 Mataram sejak dibukanya PPDB jalur zonasi di hari pertama. Masyarakat sekitar sekolah yang masuk zonasi SMPN 14 Mataram langsung diberikan nomor antre, juga disampaikan informasi tanggal pelayanann. “Layanan pendaftaran setiap hari 50 pendaftar, sehingga orang tua calon siswa dan petugas kami bisa bekerja melayani masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Kuota siswa baru di SMPN 14 Mataram sebanyak 224 siswa. Chamim mengatakan pihaknya melayani pendaftaran langsung secara daring dari sekolah, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menggunakan masker, menggunakan thermo gun, juga menyediakan tempat cuci tangan, dan cairan pembersih tangan.

Untuk PPDB SMP, ada empat jalur PPDB di tahun 2020 ini yaitu jalur zonasi dengan kuota paling sedikit 50 persen dari daya tampung sekolah, jalur afirmasi paling sedikit 15 persen, jalur perpindahan tugas orang tua/wali siswa paling banyak 5 persen, dan jalur prestasi paling banyak 30 persen dari daya tampung sekolah.

Ketua Panitia PPDB Kota Mataram yang juga Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kota Mataram, M. Taufik ditemui di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya selalu melaksanakan koordinasi dengan semua kepala SD dan SMP untuk mengevaluasi berbagai permasalahan.

Taufik juga menekankan, pelaksanaan PPDB juga tetap melaksanakan sistem zonasi dan sesuai dengan jalur masing-masing. PPDB SD juga menerapkan sistem zonasi. Begitu pula dengan PPDB SMP. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here