Sejumlah Rumah Warga Rusak Diterjang Puting Beliung

Rumah warga di Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi rusak akibat diterjang angin puting beliung, sore kemarin. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Angin puting beliung kembali menerjang wilayah Lombok Barat, Jumat, 22 November 2019, angin puting beliung disertai hujan deras melanda Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi. Puluhan rumah warga rusak disapu angin kencang.

Pihak desa, kecamatan, Dinsos dan BPBD serta aparat tengah turun melakukan penanganan di lapangan. Saat ini warga butuh bantuan berupa terpal karena atap rumah mereka diterbangkan angin puting beliung.

Iklan

H. Zubaidi, warga Labuapi menuturkan angin puting beliung menerjang Dusun Dasan Reong, Desa Kuranji Dalang, Kecamatan Labuapi, sekitar pukul 16.00 Wita. ‘’Puluhan rumah warga dikabarkan rusak akibat diterjang angin puting beliung, ‘’ jelas Ketua IKAD Lobar ini. Sejauh ini kata dia belum ada bantuan kepada warga. Ia berharap agar segera turun bala bantuan dari pemda, sebab Kondisi mau turun hujan.

Sementara itu Kades Kuranji Dalang, Sukadin menuturkan angin puting beliung menerjang wilayahnya sekitar pukul 16.00 Wita. Hujan deras dan petir menggelegar disertai angin kencang menyebabkan warga semakin panik.

‘’Untuk sementara jumlah rumah warga yang rusak akibat puting beliung sebanyak 26 unit ,’’ sebutnya. Kerusakan rumah warga sebagian besar bagian atap diterbangkan oleh angin puting beliung.

Saat ini lanjut dia pihak desa, bersama tim Pemda terdiri dari camat, Kapolsek, BPBD dan Dinsos turun melakukan penanganan. Kebutuhan mendesak diperlukan warga adalah terpal. Sebab sebagian atap rumah diterbangkan angin.

‘’Tidak bisa kita bayangkan rumah warga tidak ada atap, sementara hujan akan turun, belum lagi mati lampu di lokasi. Jadi warga tidak akan bisa tidur,’’ imbuhnya.

Pihaknya sudah mengusulkan data warga terdampak angin puting beliung ke dinas terkait sebagai dasar nantinya diberikan bantuan. Pihaknya berharap agar bantuan segera didroping ke warga mengingat kondisi di lapangan butuh penanganan.

  Jumlah Anggota Tak Kuorum, Paripurna Tatib Pilwabup Kembali Gagal

Sementara itu, Pemda melalui BPBD dan Dinas Sosial telah turun melakukan penanganan di lokasi. Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos Lobar, Baiq Aprina Rohmawiyanti mengatakan pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait kejadian puting beliung tersebut.

‘’Kami bersama tim tagana sedang berada di lokasi melakukan penanganan, membantu warga dan mendata korban angin puting beliung,’’ jelas dia. Pihaknya belum bisa menyebutkan data kerusakan sebab tim tengah bekerja melakukan pendataan. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here