Sejumlah Layanan Kesehatan RSUD Asy-Syifa Segera Dibuka

Carloff Sitompul.(Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Pihak RSUD Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan segera kembali membuka layanan kesehatannya untuk masyarakat umum.

Direktur RSUD Asy-Syifa KSB, dr. Carloff Sitompul mengatakan, pihaknya sebelumnya sempat menutup beberapa layanan  tersebut. Karena rumah sakit digunakan pemerintah untuk fokus membantu tim gugus gugus tugas pencegahan dan penangana Coronavirus Disease (Covid-19). “Hampir 2 bulan kita tidak melakukan pelayanan umum. Semua kita fokus menangani Covid-19, baik fasilitas peralatan maupun tenaga medisnya,” katanya kepada Suara NTB, Rabu, 17 Juni 2020.

Iklan

Setidaknya, ada 4 layanan kesehatan RSUD yang ditutup selama pencegahan penanganan Covid-19 sejak medio Maret lalu. Diantaranya layanan klinik mata, klinik gigi, fisioterapi dan layanan medical check up. Disebutkan Carloff untuk tahap awal, ada dua layanan yang akan dibuka dalam waktu dekat, yakni klinik mata dan gigi. “Dua dulu dan sisanya kami usahakan menyusul dalam waktu dekat,” janjinya.

Dibukanya kembali layanan kesehatan itu bukan berarti pihak RSUD Asy-Syifa tidak turut lagi dalam upaya pencegahan dan penanganan virus corona yang masih terus mengancam kesehatan masyarakat KSB. Menurut Carloff, berdasarkan evaluasi pihaknya, kini rumah sakit yang dipimpinnya itu secara bertahap sudah dapat melakukan aktivitas layayan secara normal disamping tetap turut serta dalam upaya penanganan Covid-19.

Disamping itu, langkah ini juga diambil oleh rumah sakit milik Pemda KSB tersebut dalam rangka mendukung persiapan pemerintah melalukan kesiapan menuju kenormalan baru (new normal). “Kan kami salah satu penunjang di sektor kesehatan. Jadi kita juga siap-siap menuju kesiapan penerapan new normal itu,” tukasnya.

Untuk diketahui, sepanjang upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 di KSB sejak Maret lalu. RSUD Asy-Syifa menjadi garda terdepan fasilitas kesehatan yang digunakan gugus tugas menangani warga yang terindikasi berpotensi terinfeksi virus corona. Mulai dari perawatan, pengambilan sampel prosedur tes cepat (rapid diagnostic test – RDT) hingga pengambilan sampel swab di awal semua dilangsungkan di RSUD Asy-Syifa.(bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here