Sejumlah Kades Bandel, Kerap Abaikan Temuan Inspektorat

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Asisten I Sekda Sumbawa, Dr. H. M. Ikhsan menilai sekarang ini beberapa Kepala Desa (Kades) yang membandel. Dengan tidak mengindahkan temuan Inspektorat, sebagai pemeriksa internal aparat pemerintah. Hingga tak heran, kalau ada beberapa oknum Kades yang terjerat hukum.

“Nantang Kades ini. Temuan Inspektorat tidak digubris. Setelah bawa Jaksa atau aparat hukum, biasanya baru mereka tindaklanjuti temuan yang ada,” cetus H. Ikhsan, ketika ditemui, Senin, 21 Agustus 2017.

IKLAN

Seharusnya, lanjut Ikhsan, kasus kasus yang menjadi temuan Inspektorat segera ditindaklanjuti. Sebab mereka melakukan pemeriksaan untuk pembinaan. Bukan untuk dihukum dan dicari kesalahannya.

Biasanya, temuan inspektorat, kalau ada yang belum lengkap, maka segera dilengkapi laporan pertanggung jawabannya. Serta mengembalikan kalau ada indikasi kerugian negara. Tapi sayangnya ada beberapa Kades yang tidak menggubris hal tersebut.

Selain itu, peran BPD dan keterlibaran masyarakat secara transparan mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan dana desa menjadi penting. Sebab Insepktorat sifatnya hanya pembinaan. Itupun pemeriksaan yang dilakukan setelah program dilaksanakan. Sehingga kadang ada kasus yang luput. Makanya peran aparat hukum untuk menindak tegas oknum Kades bandel yang tidak menghiraukan temuan Inspektorat menjadi penting.

“Apabila Kades tidak menindaklanjuti temuan maka diserahkan ke aparat hukum. Kades bandel perlu pendekatan hukum,” pungkasnya. (arn)