Sejumlah Bakal Calon Berebut Tiket Demokrat Sumbawa

Syamsul Fikri. (Suara NTB/ist)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Sejumlah bakal calon Bupati/Wakil Bupati kini mengembalikan berkas formulir pendaftaran ke Tim Penjaringan DPC Partai Demokrat Sumbawa. Mereka siap memperebutkan tiket partai lambang mercy tersebut dalam kontestasi Pilkada 2020 di Sumbawa.

Ketua DPC Partai Demokrat Sumbawa, Syamsul Fikri, S.Ag, M.Si, menyatakan ada sekitar delapan kandidat yang mengambil formulir. Kini dalam tahapan pengembalian berkas, diketahui sudah ada beberapa orang yang mengembalikan dan melengkapi persyaratan ke Tim Penjaringan. Diantaranya, H. Syarafuddin Jarot, Syukri Rakhmat, Andy Tirta, Nurdin Ranggabarani dan lainnya.

Iklan

Semua calon, lanjut Fikri, tetap menempuh Juklak, Juknis sesuai Peraturan Organisasi (PO). Pengembalian berkas sampai Senin (hari ini,red).  Nantinya, semua bakal calon yang mengembalikan berkas akan diumumkan. Kalau tidak mengembalikan berkas, maka dianggap tidak memenuhi syarat. Nantinya akan ada penyampaian visi misi yang rencananya, pada 26-28 Fabruari.

“Seluruh calon akan sampaikan visi dan misi. Setelah itu, digodok mana yang memenuhi persyaratan administrasi dan di-scoring baru kemudian hasil penjaringan tim disampaikan ke DPC. Lalu disampaikan ke DPD,” terangnya.

Pada tingkat DPD, akan dilakukan uji kepatutan dan kelayakan. Sebagai Ketua DPC bersama DPD, Fikri akan ikut dalam tim yang akan melakukan fit and propert test bakal calon.

“Apakah nanti keputusannya akan diajukan bakal calon tunggal ke DPP, tergantung keputusannya nanti. Yang jelas, saya selalu takzim dengan DPD,” jelasnya.

Menurut Fikri, semua bakal calon yang mengembalikan berkas ke Partai Demokrat, memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan tiket. Apalagi Partai Demokrat juga mensyaratkan kepada bakal calon untuk menyertakan lembaga survei yang ditunjuk oleh DPP. Untuk melihat sejauhmana hasil elektabiltas bakal calon. (arn)