Sejumlah Anggota Rombongan Raja Arab Saudi Dijadwalkan Kunjungi Kawasan Mandalika

Mataram (suarantb.com) – Meski Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud tak menjadwalkan kunjungan ke Lombok, NTB selama lawatannya ke Indonesia, namun sejumlah anggota rombongan raja dijadwalkan berkunjung ke kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB, H. Lalu Muhammad Faozal, Kamis, 23 Februari 2017.

Iklan

“Awalnya proposal dari pihak kerajaan itu tidak ada terjadwal buat ke Lombok. Tapi karena kita dorong Lombok sebagai destinasi halal, maka Kemenlu meminta untuk ada penjadwalan dan sudah disetujui untuk itu,” jelasnya.

Mengenai jumlah angggota rombongan yang hadir serta kapan mereka tiba di Lombok, Faozal mengaku belum mendapatkan informasi yang pasti. Hanya saja, agenda kunjungan ini dipastikan sebagai pertemuan dengan pihak ITDC selaku pengelola kawasan Mandalika.

“Akan ada pertemuan business to business (B2B) antara pihak ITDC dengan pihak delegasi. Barusan saya dapet itinerary-nya dari Kemenlu melalui biro protokol tentang penjadwalan,” sebutnya.

Dengan kunjungan Raja Salman ke Bali, Faozal meyakini tidak menutup kemungkinan mereka akan mengunjungi Lombok.

“Tetapi dengan dia ke Bali, yang pastilah tidak mungkin dinikmati oleh moeslim traveler, berikutnya pasti akan ke Lombok. Bali dengan kita itu hanya 10-15 menit, maka kita bisa menjadi destinasi berikutnya untuk dikunjungi,” yakin Faozal.

Tidak dipilihnya Lombok harus menjadi cambuk untuk semakin meningkatkan kualitas pariwisata di daerah ini. Khususnya terkait standardisasi sesuai kebutuhan dari seorang kepala negara sekelas Raja Arab Saudi.

“Saya kira ini motivasi bagi kita semua,  masyarakat dan pemerintah untuk mendorong standardisasi fasilitas kita. Untuk bisa distandardisasi sesuai kebutuhan kepala negara sekelas Raja Arab Saudi,” katanya.

Menurut Faozal, harapan untuk meningkatkan standar fasilitas wisata Lombok akan terpenuhi jika proyek kawasan Mandalika rampung. Terutama dengan tersedianya hotel-hotel kelas dunia yang akan dibangun di sana. (ros)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here